Notification

×

Iklan

Iklan

Jejak Sejarah Karomah Sayyid Hasan Al Madinah Cicit Sunan Gunung Jati Syarif Hidayatullah.

Selasa, 02 Mei 2023 | Mei 02, 2023 WIB Last Updated 2023-05-02T05:20:31Z


 

Sidoarjo.terasdelta-Ribuan warga mengais berkah dimakam mbah sayyid hasan al madinah cicit dari sunan gunung jati syarif hidayatullah di dusun bulu desa bohar kecamatan taman kabupaten sidoarjo.

 

Peringatan haul itu digelar pada sabtu 29/4/23 malam dengan dihadiri langsung ketua pwnu jawa timur kh.marzuki mustamar sebagai pemimpin doa.Turut hadir juga pemerintah desa bohar,forkopimka taman,ulama dan peziarah dari berbagai wilayah di kabupaten sidoarjo.

 

Salah satu tokoh masyarakat bohar mengupas sejarah singkat dari mbah sayyid hasan al madinah yang merupakan putra dari mbah sayyid arif segoropuro pasuruan.

 

“awal dakwah diajak oleh saudara sepupunya atau saudara misanan yaitu mbah subakir geluran putra dari mbah mojoagung untuk berdakwah agama islam di desa bohar.”cerita masrur qomarudin.

 

Konon,jejak sejarah sayyid hasan al madinah mempunyai silsilah yang ditarik mulai dari mbah sayyid arif segoro puro pasuruan,mbah soleh semendi,mbah abu bakar basyaiban hingga sunan gunung jati syarif hidayatullah.

 

Semasa muda,sayyid hasan al madinah mengawali dakwahnya diajak oleh saudara sepupunya atau saudara misanan yaitu mbah subakir geluran putra dari mbah mojoagung untuk menuju ke arah selatan terus ke arah timur untuk mencari pohon bulu dan dan pohon bulhar.Amanah tersebut kemudian dijalankan,yang dimana pada saat itu kondisi desa bohar masih terlihat hutan belantara belum ada penduduk.

 

Dari perjuangan sayyid hasan al madinah,desa yang dulunya hutan belantara akhirnya menjadi sebuah desa yang diberinama bohar dan terdapat pedukuhan bulu.

 

Sebelum mendirikan desa bohar,sayyid hasan al madinah pada usia 15 tahun diketahui hilang dan kembali pada usia 25 tahun ke pasuruan.Pada waktu kurun 10 tahun itu,sayyid hasan al madinah ternyata diketahui mondok di madinah sehingga sayyid hasan di juluki dengan gelar al madinah .

 

Sayyid hasan al madinah kemudian mempunyai dua orang anak bernama mbah brojogo laut dan mbah nyai fatimah.Kemudian fatimah menikah dengan Mbah Ainul Yaqin atau Mbah bagus santri dari ceribon yang merupakan santri dari sayyid hasan al madinah.

 

Keistimewaan atau karomah yang dimiliki sayyid hasan al madinah sangat unik dan penuh mistis.Konon burung yang terbang melintas di atas makam sayyid hasan al madinah akan jatuh dan dizaman belanda ketika ada bom jatuh di sekitar makam tidak akan meledak.

 

Ditambah lagi ada cerita baru dari warga sekitar 4 hingga 5 tahunan terakhir ini,ada salah satu penarik andong hias yang sedang mengendarai melawati makam,kuda yang di kendarainya tiba-tiba tidak bisa berjalan.Namun setelah diambilkan bunga yang diatas makam sayyid hasan al madinah dan dioleskan kaki kudanya seketika kuda bisa berdiri dan bisa berjalan.

 

“ada seorag kusir andong hias yang namanya pak mahmud dari suko telah diwanti-wanti oleh orang tuanya agar tidak melewati depan jalan mbah sayyid hasan,namun ia lupa dengan pesan dari orang tuanya ketika mengendari andong hingga kudanya tiba-tiba tidak bisa berdiri atau tidak bisa berjalan.”cerita masrur qomarudin tokoh masyarakat desa bohar.

 

Kini makam mbah sayyid hasan al madinah cicit dari sunan gunung jati syarif hidayatullah setiap hari dan peringatan haul banyak didatangi para peziarah dari berbagai wilayah untuk memohon berkah.(mec)

 

×
Berita Terbaru Update