Notification

×

Iklan

Iklan

Terapkan Ikm & P5p2ra,Ratusan Siswa MTs & MA Ma’arif Nu Kedungkendo Jualan Mamin Secara Mandiri.

Rabu, 21 Juni 2023 | Juni 21, 2023 WIB Last Updated 2023-06-21T05:28:01Z


 

Sidoarjo.terasdelta - Ratusan siswa madrasah tsanawiyah(MTs) dan madrasah aliyah (MA) ma’arif nahdatul ulama kedungkendo kecamatan candi kabupaten sidoarjo jualan makanan dan minuman secara mandiri untuk menerapkan implementasi kurikulum merdeka(IKM) dan proyek penguatan profil pelajar pancasila dan profil pelajar rahmatan lil alamin(P5P2RA) dalam gebyar karya dan pentas seni yang digelar di halaman mts setempat.selasa(20/6/23)pagi.

 

Berbagai hasil karya makanan dan minuman itu merupakan hasil masakan para siswa kelas 7 - 8 MTs dan kelas 10-11 MA,yang dikerjakan sendiri secara swadaya tanpa bantuan orang tua maupun wali kelasnya.Setiap kelas diberikan tugas untuk menghadirkan khas makanan maupun minuman yang sehat tanpa ada bahan pengawet atau mengandung bahan kimia.

 

Setiap lapak jualan siswa itu diwajibkan mempromisikan atau memprosentasikan hasil karya jualannya dengan caranya sendiri.Mereka prosentasikan makanan dan minumannnya mulai proses pembuatan hingga menjadi mamin yang lezat dan harganya pun terbilang murah meriah mulai 2 ribu rupiah hingga 5 ribu rupiah.



Nabila dwi amanda salah satu siswa mts ma’arif nu kedungkendo mengaku telah membuat beraneka ragam makanan dan minuman dengan teman-teman sekelasnya.Ia berharap hasil karya masakannya itu menjadi yang terbaik dan pemenang karena mamin itu dilombakan oleh pihak madrasah,

 

“saya jualan roti slay dan aneka sosis,anggaran itu pakai uang iuran sama uang kas kelas .harapan saya setelah mengikuti acara seperti ini sekolahan saya semakin maju dan semakin sukses.”katanya.”

 

Semua yang dihadirkan para siswa itu akan dinilai oleh para dewan guru sebagai upaya dalam menunjang kreativitas hasil karya dalam menerapkan kurikulum merdeka dan proyek penguatan profil pelajar pancasila dan profil pelajar rahmatan lil alamin(p5p2ra).Penilaian diberikan mulai rasa makanan,bentuk makanan,kesehatan makanan dan cara berjualan dalam melayani pembeli.

 

“ini nanti dilombakan,jadi dari stand-stand ini nanti kita nilai dan akan menjadi terbaiknya ,untuk penilainya ini dari standnya/produk yang dimiliki dan soal rasanya bagaimana.”kata siti cholifah kepala mts ma’arif nu kedungkendo candi.



Kepala mts ma’arif nu kedungkendo candi juga menyatakan tujuan dari kegiatan ini untuk merealisasikan pelajaram kurikulum merdeka dengan harapan anak-anak bisa mengembangkan pola pikir menjadi kewirausahaan.

 

“di kurikulum merdeka belajar yang mana anak-anak itu bisa mengembangkan pikirannya bagaimana mereka itu ,oh saya mempunyai greget ini membuat ini ,jadi kita hanya mendampingi anak saja,membuat karya-karya sendiri.”tegas siti cholifah.

 

Diharapkan dengan kewirausahaan ini para siswa mampu menyiapkan mentalnya dalam menyambut dunia usaha sesuai bidangnya.”(mec)

×
Berita Terbaru Update