Notification

×

Iklan

Iklan

Tekan Pengangguran Di Jatim,Job Matching Di Smk Ypm 8 Sidoarjo Diserbu Ratusan Pelamar Pekerja.

Selasa, 30 Mei 2023 | Mei 30, 2023 WIB Last Updated 2023-05-30T09:45:46Z


 

Sidoarjo.terasdelta - Ratusan pengangguran dari berbagai wilayah di jawa timur menyerbu job matching smk 2023 yang digelar sekolah menengah kejuruan(SMK) yayasan pendidikan dan sosial ma’arif (YPM)8 sidoarjo.selasa(30/5/23)pagi.

 

job matching smk 2023 ini dibuka sekretaris dinas tenaga kerja kabupaten sidoarjo Happy setianingtyas astrawati yunus, SH., MH disaksikan kepala smk ypm 8 sidoarjo Dr. Kisyanto SM, SE MM dan 12 perusahaan atau industri yang terlibat dalam job matching.



Sekretaris dinas tenaga kerja kabupaten sidoarjo mengaku saat ini angka pengangguran dikabupaten sidoarjo menurut data bps sudah ada penurunan jika dibandingkan tahun lalu.meski demikian jumlah angka tersebut tingkat pengangguran diwilayah jawa timur terbanyak masih ada di kabupaten sidoarjo.

 

“jadi kalau pengangguran itu punyaanya dari bps jadi sekarang apa diangka 8 koma 84 persen,meskipun sudah turun dari tahun lalu,ya tapi ini tadi kita termasuk tinggi jadi upaya-upaya ini masih tetap didahulukan.”tegas happy setianingtyas astrawati yunus.



Dijob matching smk 2023 ini,pihak sekolah telah menerima surat lamaran pencari pekerjaan melalui google form dan diluar data sudah mencapai 800 an  orang pelamar pekerjaan.Jumlah pelamar tersebut terbilang meningkat dari jumlah tahun sebelumnya sehingga penyelenggara akhirnya membatasi pelamar pekerja.

 

“ya kita batasi,sekarang kurang lebih 800 an ya kurang lebih,kalu kemarin 1000 lebih,ya kenapa bisa begitu biar bisa efektif.”tegas kisyanto kepala smk ypm 8 sidoarjo.

 

Kisyanto menambahkan digelarnya job matching smk 2023 itu dalam rangka memikirkan pengangguran bagi lulusan sekolah lanjutan tingkat atas baik tingkatan sma,smk maupun madrasah aliyah.Selain itu,job matching tersebut merupakan program dalam memfasilitasi magang guru,magang siswa, termasuk rekruitmen bagi pencari pekerja sehingga angka pengangguran sekaligus respek terhadap smk lebih meningkat.

 

“ anak-anak dipelepasan sudah 27 persen sudah bekerja.sekarang kita tambahin ini ,kalau kita tidak ngundang yang lain finis,artinya sudah tercukupi tapi kan sekali lagi kita indonesia dan harapannya jujur setelah dari job matching ini kalau kemarin 27,ini tambah kurang lebih 40 persen,60 kali sekian persen nanti juni masih ada lagi job matching lagi.”tegasnya.

 


Pencari pekerjaan asal kecamatan wonoayu sidoarjo mengaku adanya job matching itu dinilai sangat membantu bagi masyarakat luas yang belum mempunyai sebuah pekerjaan yang layak dan tetap.oleh sebab itu,dirinya berharap adanya pendaftaran pekerjaan ini bisa diterima disebuah perusahaan sesuai dengan bidangnya.

 

“disini mau melamar kerja,sudah pernah ikut job matching 3 kali,pernah juga diterima namun tidak dimasukin karena ada sesuatu yang tidak pas.”tegas viviana agustin.

 


Job matching smk 2023 itu telah melibatkan 12 perusahaan atau industri yang ada dijawa timur.jumlah tersebut merupakan job matching tahap pertama dan dibulan juni 2023 ada sekitar 8 hingga 10 perusahaan yang akan bergabung dalam pendaftaran lorongan kerja.

 

Rata-rata pencari pekerjaan itu kebanyakan masih fresh graduate atau mereka yang baru lulus sekolah menengah atas sederajat baik ditingkat sma,smk maupun madrasah aliyah dari berbagai wilayah dijawa timur diantaranya mojokerto,pasuruan,blitar,kediri,sidoarjo dan surabaya.(mec)

×
Berita Terbaru Update