Notification

×

Iklan

Iklan

Dinilai Kreatif & Inovatif,Kemenag RI Berencana Adopsi P5P2RA Milik MI Ma’arif Ketegan Tanggulangin.

Selasa, 13 Juni 2023 | Juni 13, 2023 WIB Last Updated 2023-07-05T00:42:08Z


 

Sidoarjo.terasdelta – Kepala subdit kesiswaan direktoral kurikulum sarana  kelembagaan dan kesiswaan (KSKKmadrasah  direktoral jenderal pendidikan islam kemenag ri berencana akan mengadopsi proyek penguatan profil pelajar pancasila dan profil pelajar rahmatan lil alamin(P5P2RA) yang dimiliki madrasah ibtidaiyah ma’arif ketegan(MIMAKET) tanggulangin kabupaten sidoarjo.

 

Hal itu dinyatakan imam bukhari pada saat berkunjung bersama tim dosen universitas nahdlatul ulama indonesia(unusia),kanwil kemenang jatim,kemenag sidoarjo,inovasi dan pc lp ma’arif nu sidoarjo di mimaket tanggulangin sidoarjo.selasa(13/6/23)siang.

 

Ia mengaku kedatangannya untuk melihat dan memastikan pembentukan karakter siswa melalui modul proyek penguatan profil pelajar pancasila dan profil pelajar rahmatan lil alamin(p5p2ra) dimiliki mimaket tanggulangin.Apalagi madrasah ini merupakan satu dari tujuh lembaga madrasah se kabupaten sidoarjo telah terpilih menjadi piloting sebagai rintisan program pelaksanaan implementasi kuriulum merdeka(ikm) dan p5p2ra dari kementerian agama ri.

 

“jadi kita ingin memastikan,apakah pelaksanaan proyek-proyek itu betul-betul mengedukasi,betul-betul berdampak pada pengembangan karakter,pengembangan nilai-nilai keislaman yang ada di madrasah bagi peserta didik siswa-siswa kita,”tegasnya.



Imam bukhari juga menilai secara prinsip mimaket tanggulangin sudah luar biasa dalam menerapkan p5p2ra karena banyak kreativitasnya sehingga muncul banyak hal yang tidak ditemukan dilembaga pendidikan lainnya seperti program penguatan kesiswaan.Dengan demikian,pihaknya telah memiliki gambaran yang bagus kemudian bisa di desiminasikan kepada madrasah-madrasah lainnya.

 

“madrasah ibtidaiyah maarif ketegan ini sudah mapan,guru-gurunya sudah sentel,jadi kreativitas itu muncul banyak hal yang tidak ditemukan di lembaga lain untuk penguatan kesiswaan itu,tidak kita temukan di luar sana.”katanya.

 



Masih imam,banyak perbedaan dari mimaket ini dengan lembaga lainnya karena kepala madrasahnya sangat kreativ inovatif dan berani mengambil resiko,dimana beberapa didalam buku panduan yang tidak ada,akan tetapi telah melakukanya penuh dengan kreativitas.

 

“harapannya seperti itu,kita mendapatkan pratek-praktek baik,contoh-contoh baik yang dilakukan oleh madrasah ma’arif ini kita bisa tularkan ke tempat lain,monggo menurut saya bagus.”tegasnya.




Meski dinilai bagus jika dibandingkan dengan lembaga lainnya,pihak mimaket tanggulangin siap memperbaiki kekurangan sesuai arahan dari subdit kesiswaan direktoral kurikulum sarana kelembagaan dan kesiswaan (kskkmadrasah  direktoral jenderal pendidikan islam kemenag ri.

 

“beliau telah mengecek dokumen-dukumennya,bukan hanya mengecek tapi beliau memeriksa,jika ada dokumen yang kurang tepat maka beliau memberikan tambahan atau perbaikan untuk kami kedepannya.’tegas umi salamah kepala mimaket tanggulangin.

 

Umi salamah juga menyatakan banyak capaian yang sudah diraih mimaket tanggulangin semenjak melaksanakan kurikukum merdeka kesiapan sdm mulai guru dan siswa dinilai sangat siap dan matang.

 

“kalau untuk capian ya,pertama memang yang kami rasakan setelah kami melaksanakan kurikulum merdeka kurang lebih dalam 1 tahun ini begitu ya,yang pertama kesiapan sdm ,kami merasa sdm kami mulai dari guru,anak-anak lebih siap apalagi guru begitu.”tegasnya.

 

Dari melaksanakan implementasi kurikulum merdeka(ikm) itu,madrasah ibtidaiyah ma’arif ketegan tanggulangin sidoarjo dinobatkan sebagai peraih prestasi katagori gold award for school innovation as a pilot school in implementing the independent curriculum of the year dari 7sky media & majalah im indonesia di surabaya beberap waktu lalu(mec).

×
Berita Terbaru Update