Notification

×

Iklan

Iklan

Ratusan Jamaah Haji Geruduk Rumah Anggota Komisi D DPRD Sidoarjo

Sabtu, 16 September 2023 | September 16, 2023 WIB Last Updated 2023-09-16T04:41:55Z



Sidoarjo, terasdelta.com - Ratusan jamaah haji geruduk rumah anggota Komisi D DPRD Sidoarjo. Bukan untuk demo, namun mereka akan mengikuti kegiatan manasik haji.


Kegiatan tahunan yang rutin digelar oleh lembaga pendidikan dari Kelompok Bermain-Raudhatul Athfal Muslimat (KB-RAM) NU 127 Ulil Albab Desa Gelang Tulangan itu sengaja dipusatkan di halaman rumah Anggota Komisi D DPRD Sidoarjo, H. Rizza Ali Faizin, M.Pd.I. di Desa Gelang Kecamatan Tulangan, Kabupaten Sidoarjo karena dinilai aman, dan dekat dengan sekolah. 


Kepala KB-RAM NU 127 Ulil Albab Gelang, Siti Nur Khumairoh, S.Pd. mengatakan, dipilihnya halaman rumah anggota Komisi D DPRD Sidoarjo selain halamannya luas, nyaman, dan seluruh siswanya bisa mengikuti. Tidak hanya itu, orang tua siswa juga bisa mendampingi dari awal kegiatan hingga akhir. 


"Disini tempatnya strategis, dekat dengan lembaga kami. Disamping itu seluruh peserta didik kami juga bisa ikut semua. Karena kalau di luar, biasanya hanya perwakilan siswa," kata Khumairoh kepada wartawan terasdelta.com, Sabtu (16/9/2023).





Dari pantaun di lokasi, sekitar 270 orang terdiri dari siswa dan orang tua siswa mengikuti seluruh rangkaian manasik haji. Dimulai keberangkatan dari rumah masing-masing, anak-anak diajarkan berdoa. Setiba di lokasi, langsung mengikuti tata cara manasik haji diantaranya ihram, wukuf, lempar jumroh, tawaf, sa'i hingga tahalul.



"Semoga peserta didik kami menjadi anak yang sholeh, ke depan bisa menunaikan ibadah haji sungguhan," harapnya. 


Sementara itu, Anggota Komisi D DPRD Sidoarjo, H. Rizza Ali Faizin, M.Pd.I mengaku, manasik haji yang dilakukan oleh ratusan siswa tersebut cukup inovatif. Pasalnya, hanya dengan menggunakan media sederhana, acara bisa berjalan dengan khidmat. 




"Adanya manasik haji ini, anak-anak bisa mempraktikkan langsung pembelajaran ibadah haji, dan tidak hanya teori semata. Meskipun, miniatur yang digunakan tadi seadanya," kata pria yang akrab disapa Kaji Reza itu. 


Ditanya terkait kegiatan yang sama, Kaji Reza mengaku membuka kesempatan seluas-luasnya bagi lembaga pendidikan yang ingin menggelar manasik haji di halaman rumahnya. (Sam/Lid).

×
Berita Terbaru Update