Notification

×

Iklan

Iklan

38 Dies Natalis,SMK Walisongo 1 Gempol Luncurkan E-Library & Co Workspace.

Rabu, 25 Oktober 2023 | Oktober 25, 2023 WIB Last Updated 2023-10-25T10:55:25Z



 

Pasuruan.Terasdelta - Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Walisongo 1 Gempol Kabupaten Pasuruan Jawa Timur luncurkan E-Library dan Co Workspace dalam rangka memperingati Dies Natalis ke 38 SMK Walisongo 1 Gempol dan memperingati Hari Santri Nasional. Rabu (25/10/23) Pagi.

 

Peluncuran secara simbolis dilakukan oleh Yayasan Lembaga Pendidikan Ma’arif (YLPM) Walisongo Gempol,Camat Gempol dan Kepala SMK wWalisongo 1 Gempol. Turut menyaksikan pihak Cabang Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Wilayah Pasuruan,Pengurus MWCNU Gempol,Forkopimka Gempol,Pemerintah Desa Gempol dan Jajaran Dewan Guru SMK Walisongo 1 Gempol.

 

Co Workspace itu memiliki area khusus untuk pembelajaran diluar kelas dalam mengembangkan industri kratif,yang dimana ruangnya akan menampung  kurang lebih 30 siswa. Area itu juga dilengkapi fasilitas mulai Monitor,Wifi,Audio,Ac dan tempat duduk yang nyaman tanpa ada bangku maupun kursi dengan harapan siswa bisa fokus dalam kegiatan diskusi dan menampilkan hasil karyanya.

 

Sedangkan untuk perpustaan digital,SMK Walisongo 1 Gempol  menggunakan Aplikasi Eddo,yang dimana didalamnya terdapat 76  koleksi buku mulai terbitan Kemendibud hingga buku local telah ada di E-Library SMK Walisongo 1 Gempol. Cukup menggunakan Barcode,Aplikasi Eddo bisa dibuka sesuai keinginan si pembaca,namun harus menunggu mendapat persetujuan dari pihak operator E-Library terlebih dahulu.

 

M.Risky Maulana siswa SMK Walisongo 1 Gempol menggaku sangat dimudahkan adanya E- Library ini karena tidak perlu mambawa buku bertumpuk-tumpuk,cukup klik Aplikasi Eddo sudah  bisa membaca dimana pun berada,baik di sekolah,di rumah dan di café.

 

“Menurut saya sih  untuk program digitalisasi ini cukup lumayan memudahkan bagi siswa seperti saya yang pada awalnya itu ,kayak apa ya kayak kesulitan membaca buku dari secara langsung itu lho. jadi program ini sangat membantu bagi saya.”Ungkapnya.

 

Mashudi Zakaria Kepala SMK Walisongo 1 Gempol mengaku diluncurkannya E- Library dan Co Workspace ini bertujuan agar para siswa bertambah wawasan keilmuannya dan semakin bisa berkreatifitas.

 

“Co Workspace akan difungsikan pembelajaran selain dikelas disana adalah outing class”Ungkapnya.

 

Ketua Ranting NU Tempel ini juga menuturkan bahwa terobosan itu merupakan dalam rangka mengembangkan industri kreatif menuju era digital membangun literasi.

 

“Jadi konsepnya ini ,kenapa kita pake moto digital library ,dini kita pake barcode ,jadi barcode ini bisa scan dari siswa maupun siswi entah itu di dalam lingkungan sekolah maupun di luar dan tentunya adalah aplikasi dan wibesite.”Tuturnya.

 

Komari Camat Gempol mengapresiasi atas peluncuran E- Library dan Co Workspace yang telah dicanangkan oleh SMK Walisongo 1 Gempol karena tidak semua lembaga pendidikan bisa mempunyai terobosan itu.

 

“Smk Walisongo 1 Gempol ini terbukti telah mempunyai sebanyak 500 siswa dan capaian itu dengan jelas yayasan lembaga pendidikan ma’arif walisongo gempol di cintai masyarakatnya dalam membangun layanan pendidikan.”Tandasnya.

 

Sebelum launching,Yayasan Lembaga Pendidikan Ma’arif (YLPM),Guru,Siswa SMK Walisongo 1 Gempol juga menggelar istighotsah untuk para kiai pendiri jamiyah Nahdlatul Ulama yang sudah meninggal dunia,menyatuni 20 anak yatim untuk siswa Madrasah Ibtidayah dan sekolah menengah pertama serta melepas puluhan balon dan burung dara yang bertuliskan harapan dan cita-cita para siswa.(Mec)

×
Berita Terbaru Update