Notification

×

Iklan

Iklan

SKSG UI bekali 48 Siswa Perempuan Dengan Pendidikan Menstrupedia

Kamis, 26 Oktober 2023 | Oktober 26, 2023 WIB Last Updated 2023-10-26T02:09:59Z




Pasuruan.Terasdelta – Sebanyak 48 siswa perempuan dari perwakilan 7 sekolah menengah pertama (SMP) di wilayah Kecamatan Tutur Kabupaten Pasuruan dibekali pendidikan kesehatan reproduksi bertemankan “ Menstrupedia” dari Dosen sekolah kajian stratejik dan global Universitas Indonesia (SKSG) UI bersama peneliti pusat riset gender (PRG) serta mahasiswa program studi kajian gender (SKG) Universitas Indonesia di ruang Laboratorium IPA SMPN 1 Tutur Kabupaten Pasuruan. Selasa (24/10/23) pagi.

 

Ke tujuh lembaga pendidikan bersal dari SMP Kristen Bhaitani Tutur, SMPN 2 Tutur, SMPN 3 Tutur satu atap, SMP PGRI, SMP Telogomulyo, SMP Islam yakin Tutur, dan SMPN 1 Tutur. Turut hadir dalam pengabdian masyarakat ini Dr. Iklilah Muzayyanah Dini Fajriyah,Nahdia Aurelia Aurita, M.Si dan Qathrun Nada, S.ag. merupakan selaku tim penyusun buku menstrupedia sekaligus sebagai tim SKSG Universitas Indonesia. Hadir pula Bambang Joko Wiyono Kepala Sekolah SMPN 1 Tutur.

 

Nahdia Aurelia Aurita, M.Si menyatakan pembekalan ini guna menguatkan dan mengoreksi pengetahuan dan pemahaman siswa jenjang SMP tentang menstruasi, sekaligus melakukan uji keterbacaan atas naskah buku Menstrupedia.

 

“Kebanyakan remaja perempuan jenjang SMP tidak memiliki kesiapan dalam menjalani pengalamana menstruasi pertama (menarche) sehingga berdampak pada tindakan dan pengelolaan emosional yang tidak tepat dan melahirkan rasa takut, malu, terisolasi, canggung, bingung hingga merasa sendiri”.katanya.

 

Dr. Iklilah Muzayyanah Dini Fajriyah ketua tim pengabdi masyarakat dari Tim SKSG UI menuturkan sangat mendukung karena Topik menstruasi perlu terus diangkat untuk membuka akses pengetahuan yang tepat tentang Menstruasi.

 

“Dalam kegiatan ini terlihat jelas bagaimana narasi dalam buku Menstrupedia yang kami susun memiliki urgensi bagi pemenuhan kebutuhan strategis kesehatan reproduksi remaja perempuan” Tuturnya.

 

Qathrun Nada, S.Ag Mahasiswa magister dari program studi Kajian Gender, sekaligus Tim SKSG UI juga menegaskan bahwa Sosialisasi mengenai pendidikan kesehatan reproduksi terhadap remaja perempuan harus jadi perhatian seluruh elemen masyarakat, terutama lembaga pendidikan.

 

“Para siswi SMP harus didorong untuk percaya diri dalam menghadapi fase perkembangannya dan mampu membuka diri terkait menstruasi.”Tegasnya.

 

Bambang Joko Wiyono Kepala Sekolah SMPN 1 Tutur mengapresiasi baik atas kolaborasi pengetahuan yang dilakukan SKSG Universitas Indonesia bersama Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pasuruan.

 

“Ini adalah kesempatan emas bagi kalian mendapatkan ilmu dari UI dan jangan takut untuk bertanya”Ucapnya.

 

Salsabila Qurrotu A’yun siswi SMPN 1 Tutur yang mengungkapkan bahwa pengetahuan menstruasi yang dijelaskan tim SKSG UI sangat rinci,Ditambah adanya bacaan buku Menstrupedia pemberian Tim SKSG UI, tentang organ reproduksi.

 

“Nantinya informasi ini akan saya terapkan ke diri sendiri sih kak dan dibagikan ke temen-temen“ Imbuhnya.

 

Buku berjudul "Menstrupedia" ini masih diuji keterbacaannya dengan mendekatkan hasil studi akademik pada komunitas yang paling berkepentingan, yaitu remaja perempuan jenjang SMP. (Mec/tim)

 

 

 

 

×
Berita Terbaru Update