Notification

×

Iklan

Iklan

Bacaleg Di Sidoarjo Masih Dibayangi Pro-Kontra Sistem Pemilu Proporsional Terbuka & Tertutup.

Minggu, 14 Mei 2023 | Mei 14, 2023 WIB Last Updated 2023-05-14T09:55:20Z


Sidoarjo.terasdelta-Pro-kontra sistem pemilihan umum proporsional terbuka dan tertutup masih menjadi pertanyaan besar dari bakal calon legeislatif partai di kabupaten sidoarjo.minggu(14/5/23)sore.

 

Ungkapan itu dinyatakan dua politikus dari partai kebangkitan bangsa sidoarjo dan partai gerindra sidoarjo usai menyerahkan berkas pencalonannya sebagai calon legislatif di kantor pemilihan umum daerah kabupaten sidoarjo pada sabtu siang(13/5/23).

 

Menurut sutiyowati bersama agus subandriyo,sistem pemilihan umum proporsional terbuka dan tertutup dinilai ada segi positif dan negatifnya jika makamah konstitusi(mk)memutuskan salah satunya sistem tersebut.sebab,jika makamah konstitusi(mk) benar-benar memutuskan pemilihan legislatif (pileg) kembali menggunakan sistem proporsional tertutup,maka dipastikan hanya menguntungkan bagi calon legislatif dengan nomor urut 1 hingga  3 saja.

 

Namun ketika mk mengesahkan sistem proporsional tertutup,maka semua calon legislatif diuntungkan untuk bekerja dalam berlomba-lomba mencari suara terbanyak.

 

alasan dengan sistem pemilu proporsional terbuka semua caleg mempunyai kesempatan yang sama untuk jadi anggota legesilatif terpilih,dengan demikian,indokator bahwa semua partai politik dengan target-terget tertentu akan bisa tercapai manakala caleg tersebut terstimuli memperoleh suara yang lebih banyak.”tegas sutiyowati caleg pkb dapil 4.

 

“sistem pemilu proporsional terbuka dan tertutup tidak menjadi permasalahan serius karena sistem terbuka disambut lebih senang.jika sistem pemilihan legislatif(pileg)proporsional tertutup maka tidak berkecil hati untuk tetap memaju dalam memenangkan suara calon legislatif.”tegas agus subandriyo caleg gerindra dapil 3.

 

Kedua caleg itu mempunyai strategi dalam mendulang terget suara dalam pileg 2024 mendatang.Sutiyowati caleg pkb dapil 4 mentargetkan suara 12 ribu suara jika sistem pemilu proporsional terbuka dan agus subandriyo caleg gerindra dapil 3 mentargetkan 15 ribu suara.(mec)

×
Berita Terbaru Update