Notification

×

Iklan

Iklan

Antisipasi Pencurian,Siswa Smk 1 Antartika Sidoarjo Ciptakan Pengaman Motor Berbasis Android.

Sabtu, 17 Juni 2023 | Juni 17, 2023 WIB Last Updated 2023-06-17T00:20:35Z


 

Sidoarjo.terasdelta - Berangkat dari keresahan masyarakat maraknya aksi pencurian motor diberbagai wilayah di indonesia.

 

Siswa sekolah menengah kejuruan(SMK) 1 antartika sidoarjo menciptakan pengaman sepeda motor berbasis android dengan memanfaatkan aplikasi arduino yang dihubungkan bluetooth,alat itu bisa dinyalakan dan dimatikan dari jarak jauh melalui kontrol smartphone.

 

“perangkat itu dibuat untuk mengamankan sepeda motor aagar tidak bisa dicuri maling dan bisa di operasikan menggunakan smartphone.”kata ahmad billy arjuna siswa kelas 11 smk 1 antartika sidoarjo di sela final e-sport antartika fair 2023 yang digelar di lipo mal sidoarjo.jumat(16/6/23)siang.

 

Billy panggilannya menjelaskan motor itu telah dihubungkan menggunakan aplikasi arduino,yang dimana bisa menyalakan dan mematikan dari jarak jauh melalui kontrol smartphone.

 

Motor itu juga telah dipasang seperangkat bluetooth khusus yang ditempatkan didalam body depan motor.Alat tersebut kemudian dihubungkan panel komponen kontak kunci motor dan accu sehingga bluetooth tetap menyala.

 

Komponen  tersebut berfungsi menggunakan kontrol smartphone yang dilengkapi aplikasi arduino.Dengan demikian,motor tidak akan bisa menyala meski kunci telah dinyalakan.

 

“kunci kontak biasa sudah tidak bisa,soalnya jalur yang aslinya itu sudah di putus dan disambungkan ke modem bluetooth tersebut.”katanya.

 

Masih billy,dari keamanan tersebut siswa smk 1 antartika sidoarjo ini juga memastikan motor sulit dicuri meski kunci kontak utama di rusak menggunakan kunci t.Sebab kontak tidak bakal bisa nyala karena kontrol penuh dikendalikan dari smartphone.

 

“kontak asli bisa di normalkan kembali dengan mencabut soket bluetooth.”ucapnya.



Kepala dinas pendidikan kabupaten sidoarjo mengapresiasi sistem pengaman motor berbasis andorid yang dibuat oleh smk 1 antartika sidoarjo.Pihaknya meminta,sekolah segera mendaftarakan hak atas kekayaan intelektual(haki) agar tidak diakui oleh pihak-pihak lain.

 

“saya tadi sempat pengapresiasi yang setinggi-tingginya ya karena itu adalah produk yang di design yang dibuat oleh anak-anak, dan saya sarankan kalau ini hasil inovasi sebaiknya segera didaftarkan di haki.”tegas tirto adi.

 

Meski baru sebatas purwarupa,aplikasi pengaman motor berbasis android ini akan dilengkapi global positioning system (gps) dalam upaya membantu untuk mengawasi dan melacak motor jika sewaktu-waktu dicuri.(mec)

×
Berita Terbaru Update