Notification

×

Iklan

Iklan

Munaqosah Tahfidzul Qur’an, 430 Siswa SMKN 1 Sidoarjo Berebut Sertifikasi JQHNU Sidoarjo.

Rabu, 14 Juni 2023 | Juni 14, 2023 WIB Last Updated 2023-06-14T12:45:53Z


 

Sidoarjo.terasdelta - Sebanyak 430 siswa mengikuti munaqosah tahfidzul qur’an yang digelar oleh sekolah menengah kejuruan negeri(SMKN)1 sidoarjo.bagi peserta yang lolos ujian,akan mendapatkan sertifikasi jamiyah qurra’wal huffazh nahdlatul ulama sidoarjo(JQHNU) sebagai munakis atau penguji meliputi hafalan,tajwid dan kefasihan.rabu(14/6/23)pagi.

 

 

Sekolah menengah kejuruan negeri(SMKN) 1 sidoarjo bekerjasama jamiyah qurra’wal huffazh nahdlatul ulama (JQHNU) sidoarjo kembali menerapkan program munaqosah tahfidzul qur’an.Program itu merupakan menindak lanjuti program terdahulu yaitu program mulok b-t-q  atau muatan lokal baca tulis al quran,yang dimana selama ini evaluasinya tidak pernah ada,sehingga smkn 1 sidoarjo menginisiasi ‘munaqosah tahfidzul qur’an’ dengan cara pengujian lewat hafalan al qur’an.

 

Pelaksanaan munaqosah tahfidzul qur’an itu telah diikuti siswa kelas 10 smk 1 sidoarjo yang berjumlah 430 siswa.Para siswa diwajibkan membaca jus 30 meliputi hafalan,tajwid dan kefasihan yang terbagi dalam 4 level.

 

Untuk  level 1 merupakan surah alfatihah sampai dengan at-takatsur,level 2 mulai  surah al fatihah sampai dengan adh-dhuha,level 3 mulai surah al fatihah sampai dengan al-a'la dan materi level 4 mulai surah al fatihah sampai dengan an-naba.



Salah satu siswa mengaku sebelum mengikuti munaqosah tahfidzul qur’an telah berlatih hafalan qur’an dirumahnya secara mandiri.Ia juga menyambut baik karena bisa meningkatakan kopetensinya dalam menghafal alqur’an sehingga unggul dalam mendalami sikap religius.

 

‘sebelum saya mengikuti munaqosah tahfidzul qur’an,saya telah menyiapkan diri dengan murajaah dengan secara mandiri dan rutin menyetorkan hafalan ke guru tq saya.”kata achmad ali muhammad siswa smkn 1 sidoarjo.

 


Bagi yang lolos dalam ujian munaqosah tahfidzul qur’an itu akan mendapatkan sertifikasi dari jamiyah qurra’wal huffazh nahdlatul ulama(JQHNU) sidoarjo.Dengan demikian,kegiatan hafalan al itu sebagai tolak ukur keberhasilan dalam pembelajaran al qur'an yang selama ini dilakukan di sekolah.

 

“kegiatan munaqosah ini supaya bener-bener bisa dipertangung jawabkan atas lafasnya, ,ingatan hafalan dan sebagainya,maka kita kerjasama dengan pihak jqhnu sidoarjo ,beliau ini nanti akan memberikan penilaian ,kan kita nanti ahdirkan juga sertifikasi dari beliaunya bertanda secara resmi dari jqhnu sidoarjo.”tegas dhanu lukmantoro kepala smkn 1 sidoarjo.

 


Sementara itu jamiyah qurra’wal huffazh nahdlatul ulama sidoarjo berharap kegiatan munaqosah tahfidzul qur’an bisa dibuat kurikulum disemua lembaga pendidikan umum.Karena dengan kegiatan itu,dinilai sangat bermanfaat bagi siswa siswi hingga para guru dalam menanggulangi tindakan yang negatif.

 

“ini adalah satu-satunya sekolahan yang ada di sidoarjo yang kerjasama dengan jqhnu sidoarjo yang sudah menyatakan bahwa bidang tahfidz ini adalah dibuat mulok,padahal dilain-lain sekolahan dikabupaten sidoarjo ini ,ini belum ada hanya itu digunakan ekstra saja,kalau bisa bidang tahfidz al qur’an ini atau baca tulis al qur’an itu kalau bisa dimasukkan dalam kurikulum.”tegas mohammad sifa’ rois majelis ilmi pc jqhnu sidoarjo.

 

Jqhnu sidoarjo berharap ilmu-ilmu tentang pembentukan karakter spiritual itu bisa bermanfaat bagi dirinya maupun dilingkungan masyarakat,keluarga dan bangsanya.”(mec)

×
Berita Terbaru Update