Notification

×

Iklan

Iklan

Pawai Budaya Janorta 2023,Wabup sidoarjo & Ponpes Jabal Noer Kenalkan Berbagai Budaya Nusantara.

Minggu, 11 Juni 2023 | Juni 11, 2023 WIB Last Updated 2023-07-04T14:10:08Z


 

Sidoarjo.terasdelta - Wakil bupati sidoarjo bersama yayasan pondok pesantren jabal noer memberangkatkan peserta pawai janorta 2023 di depan halaman pondok pesantren jabal noer geluran kecamatan taman.sabtu(10/6/23)siang.

 

Pembukaan secara simbolis diberangkatkan oleh wakil bupati sidoarjo subandi dengan saksikan Yayasan ponpes jabal noer.forkopimka taman,pemerintah kelurahan,tokoh masyarakat dan masyarakat umum.

 

Pawai janoeta 2023 itu diikuti ratusan santri mulai jenjang pendidikan madin,tpq,kb,tk,sd,mts maupun madrasah aliyah dari yayasan pondok pesantren jabal noer.Mereka menggunakan berbagai kostum budaya yang di miliki nusantara mulai baju adat,baju kepahlawanan,badut hingga baju santri nusantara.




Selain santri,pawai budaya itu juga disemarakkan oleh kalangan masyarakat umum mulai menggelar bazar usaha mikro kecil menengah(umkm) dan gelaran lomba patrol bersholawat yang diikuti 6 peserta dari berbagai wilayah di kabupaten sidoarjo.Mereka menunjukkan kehobohannya mulai menjual beraneka ragam makanan dan minuman tradisional hingga menampilkan gelaran patrol bernuansa religi berkeliling kampung.

 

Wakil bupati sidoarjo mengaku kegiatan ini merupakan salah satunya untuk membangun dan memupuk kecintaanya terhadap  kebudayaan yang dimiliki nusanara khususnya di kabupaten sidoarjo.Dengan demikian,tradisi dan budaya ini senantisa untuk dilestarikan agar regenerasi bangsa terutama pendidikan akhlak bisa benar-benar terwujud dikalangan pesantren khususnya di pondok pesantren jabal noer.

 

“kegiatan pawai budaya ya tentu ini adalah membangun mencintai kebudayaan yang ada dikabupaten sidoarjo,alhamdulillah dengan anak-anak kita yang masih belajar ya ini sudah dikenalkan dengan budaya patrol yang dimiliki kabupaten sidoarjo.”kata subandi.



Kegiatan tradisi dan budaya ini dalam rangka menyambut haflah dan tabarukan mengenang almarhum kiai haji husein rifai pendiri pondok pesantren jabal noer sekaligus sebagai sesepuh nahdlatul ulama sidoarjo.

 

“alhamdulilah hari ini di pondok pesantren jabal noer terlaksana pra haflah semua ini dalam rangka tabarukan kepada almarhum kh husein rifai yang mana disemarakkan oleh masyarakat wali murid,wali santri dan para santri lainnya.ada pawai budaya,bazar.patrol bersholawat dan lain sebagianya.”kata alfi syahriah ketua pelaksana pawai budaya janorta 2023.

 

Lomba seni budaya patrol itu merebutkan piala subandi wakil bupati sidoarjo dan piala pondok pesantren jabal noer geluran taman.Bagi pemenangnya,masing-masing akan mendapatkan tropi dan ditambah uang pembinaan dari yayasan ponpes jabal noer.(mec)

 

×
Berita Terbaru Update