Notification

×

Iklan

Iklan

Peduli Budaya Lokal,Siswa Minu KH Mukmin Sidoarjo Dikenalkan Berbagai Kebudayaan Melalui P5P2RA.

Kamis, 15 Juni 2023 | Juni 15, 2023 WIB Last Updated 2023-06-15T22:57:31Z


 

Sidoarjo.terasdelta - Ratusan siswa madrasah ibtidaiyah nahdlatul ulama(MINU) kiai hasan(KH) mukmin sidoarjo dikenalkan berbagai kebudayaan yang dimiliki kabupaten sidoarjo melalui proyek penguatan profil pelajar pancasila dan profil pelajar rahmatan lil alamin(P5P2RA).

 

Love and pride student’s creativing of sidoarjo lokal product yang dikemas dalam special week itu digelar didalam minu kh mukmin sidoarjo kota.kamis(15/6/23)pagi.

 

Kepala minu kh mukmin sidoarjo mengaku sengaja mengenalkan berbagai budaya kepada anak didiknya bertujuan untuk mempromosikan atau mengenalkan kearifan lokal kebudayaan daerah kabupaten sidoarjo.Oleh sebab itu,anak-anak bisa lebih mencintai dan bangga terhadap budayanya sendiri sehingga mereka bisa melestarikan budaya yang ada di daerahnya.

 

“tujuan kami dari special week ini untuk mempromsikan atau lebig mengenalkan  kepada anak-anak dan juga seluruh warga madrasah karena yang kami undang juga ada wali murid dan juga masyarakat semakin cinta kepada budaya terutama kebudayaan diwilayah sidoarjo.”tegas anis faridah.

 


Anis faridah juga menyatakan dalam special week ini,anak-anak mulai kelas satu hingga kelas enam menampilkan berbagai kreatifitas dan bakatnya melalui proyek penguatan profil pelajar pancasila dan profil pelajar rahmatan lil alamin(p5p2ra).

 

Tampilan itu ada 14 ekstrakurikuler,1 ektra wajib pramuka dan 13 ekstra pilihan yang dimana ada nilai tradisi adat istiadat dan kebudayaan yang dimiliki kabupaten sidoarjo.13 ektra itu meliputi silat pagar nusa,banjari,melukis,kaligrafi,paduan suara,qiro’ah,musik band,coding for kid,multi media,teknologi informatika,jurnalis,futsal dan teater.

 

“jadi selama 1 semester ini ananda dikelas 1 sampai kelas 6,untuk p5p2ra nya itu kita belajar kebudayaan yang ada di sidoarjo.”tegas anis faridah.

 

Selain ektra,para siswa juga dikenalkan tarian sidoarjo,baju dan juga  penggunaan bahasa khas yang dimiliki kabupaten sidoarjo.Makanan dan jananan khas sidoarjo seperti kupang lontong,telur asin,kelepon,bubur,pepesan ikan dan lain sebagain juga turut dikenalkan kepada anak-anak.

 

“dengan tema yang kita ambil kearifan lokal ini anak-anak semakin cinta dan bangga terhadap budayanya sendiri.”ucap anis faridah.

 


Haura nadhifa zahra penghoby melukis mengaku telah membuat lukisan tentang keragaman agama yang ada di indonesia sesuai proyek penguatan profil pelajar pancasila dan profil pelajar rahmatan lil alamin(p5p2ra).Ia membuatnya dengan insting tanpa mencontek karena keragaman bisa digambarkan tetap rukun dan saling toleransi sesama manusia.

 

“bikin gambar tentang keragaman agama yang ada di indonesia,karena gambar itu menggambarkan berbagai agama indonesia itu banyak tetap rukun.”katanya.

 

Selain siswa memprosentasikan hasil karyanya,para ibu wali murid madrasah ibtidaiyah nahdlatul ulama kh mukmin sidoarjo juga menggelar bazar dengan menjual berbagai makanan tradisional.Hasil dari bazar itu akan diperuntukkan dalam program sosial ketika ada siswa yang terkena musibah.(mec)

×
Berita Terbaru Update