Notification

×

Iklan

Iklan

Edukasi Sistem Demokrasi, Mts Darul Ulum Waru Gelar Tahapan Kampanye Pemilihan Ketua OSIS & IPNU-IPPNU.

Sabtu, 26 Agustus 2023 | Agustus 26, 2023 WIB Last Updated 2023-08-26T09:54:43Z


 


Sidoarjo.Terasdelta – Madrasah Tsanawiyah (Mts) Darul Ulum Dibawah Naungan Yayasan Amanat Nahdlatul Ulama (AMANU) Kureksari Kecamatan Waru Kabupaten Sidoarjo melakukan penjaringan bagi bakal calon Ketua Osis maupun Ketua Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) – Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU). Sabtu (26/8/23).


Sistem demokarasi itu diterapkan pada saat digelarnya masa kampanye dalam tahapan pemilihan Ketua Osis dan pemilihan Ketua Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) – Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Komisariat Mts Darul Ulum Pada Jumat 25/8/23 Pagi.


Ada 4 kandidat calon Ketua Osis maupun Ketua IPNU-IPPNU yang ikut dalam kontestasi Sistem Demokrasi ditingkat pelajar ini. ke 4 peserta itu telah mengikuti sejumlah tahapan mulai pendaftaran atau verifikasi calon.masa kampanye dan memaparkan visi dan misi atas pencalonannya maju sebagai Ketua Osis maupun Ketua IPNU-IPPNU dilingkungan lembaga pendidikannya.

 

Drs. Amirrudin Kepala Mts Darul Ulum mengaku digelarnya pemilihan Ketua Osis dan Ketua IPNU-IPPNU dengan cara sistem demokrasi agar para siswa paham dan mengerti tentang tahapan pemilu yang benar jujur dan adil (JURDIL) yang biasanya sudah dilakukan oleh negara seperti Pemilu pada umumnya.

 

“Kita menyelenggarakan rangkain kegiatan ini dalam rangka pemilihan Ketua Osis,Ketua IPNU-IPPNU komisariat Mts Darul Ulum sekaligus memperingati HUT RI yang ke 78,rangakiannya adalah ada tiga tahap diantaranya pendaftaran peserta,verifikasi dan kemudian hari ini adalah tahap masa kampanye bagi calon ketua.”Ungkapnya

 

Amirudin menambahkan kegiatan itu merupakan pembelajaran politik yang harus ditanamkan sejak dini kepada para pelajar seperti diajang pemilihan Ketua Osis maupun Ketua IPNU-IPPNU. Sedangkan untuk pemilihannya akan dilakukan dalam waktu dekat dengan dilakukan pencoblosan para calon kandidat layaknya pemilihan kepala negara maupun kepala daerah.

 

“Semua kegiatan yang berjalan saat ini puncaknya akan dilakukan pada hari selasa 29 Sgustus 2023 yang akan datang.” Tambahnya.

 

Ia juga menjelaskan dalam tahap masa kampanye ini semua calon kandidat diberikan keleluasan dalam berekspresi untuk mencari suara dukungan sebanyak-banyaknya dengan mendatangi pendukungnya sambil berorasi dan membentangkan berbagai poster foto maupun promosi gagasan program-programnya layaknya pemilu sungguhan.

 

“Tahapan kampanye menampilkan calon beserta pendukungnya kemudian visi misi mereka,kemudian disaksikan seluruh siswa-siswi Madrasah Tsanawiyah ,kemudian dilanjutkan masa kampenye dengan gerak jalan sekaligus memeriah Hari Ulang Tahun Kemerdekaan.” Tegasnya



Sementara untuk gerak jalan itu telah diikuti 29 regu,setiap regunya berjumlah 20 orang yang berasal dari siswa kelas 7,8 dan 9 Madrasah Tsanawiyah Darul Ulum. Mereka bersama-sama berjalan kaki mengelilingi rute kampung dengan menggunakan berbagai kostum budaya,pahlawan hingga profesi.

 

Diharapkan dengan adanya pembelajaran tahapan pemilu pelajar ini,para pemilih pemula yang umumnya masih pelajar dapat mengerti dengan benar ketika adanya pemilu berlangsung.(Mec)

×
Berita Terbaru Update