Notification

×

Iklan

Iklan

Maknai Kemerdekaan, Ribuan Warga Plumbungan Ikuti Upacara Gunakan Berbagai Kostum Budaya Nusantara.

Kamis, 17 Agustus 2023 | Agustus 17, 2023 WIB Last Updated 2023-08-17T03:02:33Z


 


Sidoarjo.Terasdelta - Ribuan warga dari berbagai elemen di Desa Plumbungan Kecamatan Sukodono Kabupaten Sidoarjo memaknai kemerdekaan dengan mengenakan berbagai kostum Budaya Nusantara dalam memperingati HUT 78 Kemerdekaan RI.

 

Penggunaan berbagai kostum budaya dan profesi itu dilakukan saat digelarnya Upacara Kemerdekaan RI dilapangan Desa Plumbungan. Kamis (17/8/23) Pagi.

 

Turut menjadi inspektur upacara kemerdekaan Kepala Desa Plumbungan Afif Khusni dalam mempimpin jalannya prosesi upacara HUT 78 Kemerdekaan RI.

 

Afif Khusni mengaku kegiatan upacara kemerdekaan tahun ini telah melibatkan warga dan semua elemen mulai lembaga pendidkan negeri maupun swasta,organisasi dan tokoh masyarakat yang ada di Desa yang berjumlah kurang lebih 2000 orang.

 

“Pada tahun 2023 ini kita mengerahkan hampir seluruh masyarakat desa,seluruh elemen.seluruh organisasi, serta dari sekolah yang ada di desa plumbungan,insya’allah peserta semuanya hampir 2000 peserta.”Ungkapnya.

 

Komandan banser ini juga menyatakan jika upacara ini pihaknya akan mengadakan penilaian bagi peserta yang kreatif dan unik sesuai kreasinya. pihaknya akan memberikan juara dan hadiah bagi pemenang.

 

“Insya’alah tiap RT memunyai kreasi-kreasi sendiri ,yang nanti kita akan kami nilai yang akan diberi hadiah oleh Desa,siapa kreasi yang paling baik dan paling inovatif diberi hadiah.”Katanya.

 

Ndan Afif panggilan akrabnya juga memeparkaan jika kegiatan upacara kemerdekaan ini sudah berlangsung 5 tahun dan mengalami terhenti sementara karena adanya covid 19 lalu.

 

“Selama pemerintahan saya sudah 5 kali ini karena kemarin ada covid tertunda 3 kali ,Agustus kita tidak bisa melaksanakan dan ini kita mulai lagi dari nol.”Paparnya.

 

Masih Afif, Ia mengajak kepada semua warga,elemen maupun organisasi untuk bisa memaknai kemerdekaan dengan mengisi kegiatan positif dan bisa memanfatkan potensi desa yang ada guna menyiapkan generasi-generasi menjadi pemimpin yang mumpuni.

 

“Yang paling penting bagi Pemerintahan Desa adalah kita memanfaatkan seluruh potensi yang ada di Desa baik itu pemuda.orang tua atapun genrasi-generasi lanjutan bagi kita untuk menata dan menyiapkan generasi yang akan datang menjadi pemimpin bisa membangun Desa ini.”Ujarnya.

 

Berbagai warga menggunakan berbagai kostum unik budaya,adat maupun profesi yang dimiliki bangsa Indonesia diantaranya dari Provinsi Jawa Timur,Jawa Tengah,Jawa Barat,Papua dan Provinsi lainya yang ada di Indonesia.

 

Tak hanya itu,baju profesi seperti TNI,Polri,Banser,Pahlawan,Pejuang,Ulama,Petani dan lain sebagainya juga di kenakan warga Desa Plumbungan di hari kemerdekaan ini. Mereka dengan hikmad mengikuti komadan dan inspektur upacara mulai menyanyikan Indonesia Raya,Hormat kepada sangkaka Merah Putih dan menyayikan  lagu 17 Agustus secara serantak.(Mec)

 

×
Berita Terbaru Update