Notification

×

Iklan

Iklan

Parade Budaya Tebel Tengah, 1 Warga Asing Terpukau Dengan Budaya Indonesia.

Senin, 28 Agustus 2023 | Agustus 28, 2023 WIB Last Updated 2023-08-28T03:22:54Z


 


Sidoarjo.Terasdelta – Satu warga asing asal London terpukau dengan Budaya yang dimiliki Bangsa Indonesia saat mengikuti Parada Recycle Budaya di Rukun Warga (RW) 05 Tebel Tengah Desa Tebel Kecamatan Gedangan Kabupaten Sidoarjo. Minggu (27/8/23) Sore.

 

Cotfos warga Inggris seorang guru yang telah tinggal sekitar 1 tahun ini mengaku sengaja mengikuti Pawai Budaya dalam rangka memeriahkan HUT 78 Kemerdekaan Republik Indonesia karena mendapatkan rekomendasi dari teman kerja untuk bisa merasakan sebagai warga lokal.

 

“Katanya menarik negaranya dan itu ramai orang-orang pada joget semuanya .katanya keseni untuk bekerja tapi datang ke sininya atas rekomendasi dari temen saya selain itu kepengin ngarsain gimana Eksperimennya menjadi warga lokal dan mengikuti Budaya Indonesia itu kayak gimana.”Ungkapnya melalui Translate Fatiyah teman kerja.

 

Ia juga menyikapi tentang keramahan warga Indonesia khususnya yang ikut Parade Budaya yang sangat baik dan ceriah.

“Katanya orang-orang Indonesia itu sangat baik ceriah dan orang-orangnya hangat dalam penyambutannya. Katanya juga di Inggris tidak ada Pawai Budaya seperti di Indonesia.” Paparnya melalui Translate Fatiyah teman kerja.

 

Pawai Budaya itu diikuti kurang lebih 2000 orang yang berasal dari 10 Rukun Tetangga (RT),Rukun Warga (RW) 05 Tebel Tengah Desa Tebel Gedangan. Setiap RT menggunakan berbagai kostum adat dan budaya seperti dari Provinsi Kalimantan,Sumatera,Papu,Bali,Jawa ,Madura dan Kostum Profesi lain sebagainya sebagai upaya nguri-nguri Budaya Nusantara.

 

Sugeng Riyanto Ketua Rw 05 Tebel Tengah Desa Tebel mengaku parade nguri-nguri budaya ini dilombakan dengan menyediakan hadiah bagi yang menang. Namun,bukan menang atau kalahnya dalam parade ini akan tetapi warga diharapkan bisa hidup berdampingan guyup rukun antar tetangga maupun warga.

 

“Jadi kita mengangkat budaya-budaya Nusantara tapi dalam bentuk budaya Recycle selain itu seluruh ketua RT memakai baju adat semua yang pasti dalam rangka tujuan kita memupuk silaturahim antar sesama warga khususnya di RW 05 sehingga menciptakan kerukunan antar warga.”Ungkapnya.

 

Parade budaya itu dikemas dalam Pawai dan Fashion Show bertemakan budaya Recycle,yang dimana banyak kostum adat budaya terbuat dari sampah daur ulang hasil kreativitas masyarakat ditampilkan di Fashon Show.(Mec)

×
Berita Terbaru Update