Notification

×

Iklan

Iklan

Potret Kemiskinan, Janda Tua Bersama Menantu Hidup Dirumah Tak Layak Huni.

Kamis, 24 Agustus 2023 | Agustus 24, 2023 WIB Last Updated 2023-08-24T05:37:22Z


             Subandi Wabup Sidoarjo,Anggota DPRD Sidoarjo,Kades Grinting datangi rumah Nirah 


Sidoarjo.Terasdelta - Seorang janda tua bersama menantu serta cucunya asal Desa Grinting Kecamatan Tulangan Kabupaten Sidoarjo hidup sangat memperhatinkan dengan kondisi Rumah Tak Layak Huni dan sempat tersapu angin putting beliung dan bocor ketika dimusim hujan. Kamis (23/8/23) Pagi.

 

Kondisi rumah tak layak huni itu menimpah pada Nirah (75) seorang janda tua asal warga Dusun Grinting RT 04 RW 02 Desa Grinting. Kondisi rumah itu, nampak sekilas rumahnya dari depan tidak terlihat adanya bangunan yang mengalami rusak.

 

Namun ketika didekati dengan seksama,Rumah itu mengalami rusak berat dan sangat memperhatinkan karena hampir semua bangunan mulai atap maupun tembok alami rapuh dan bocor. Hal itu bisa dilihat jika di musim hujan.apalagi rumah itu sempat terkena putting beliung dan disisih kanan rumah sudah tersapu angin hingga roboh.

 

Suprapto menantu Nirah bercerita bahwa rumah itu terbilang seusia mertuanya yaitu Nirah 75 tahun lamanya.

 

“Ya kalau rumah ini kira-kira berdirinya tahun 76 silam, saya dari jombang kesini sudah ada bangunan ini ,kemungkinan saya kan 81 ,tapi sudah ada bangunan ini.” Ceritanya.

 

Ia juga menyatakan kondisi rumah mertuanya itu sangat parah hingga tidak bisa memperbaiki karena terhimpit ekonomi dan hanya mengandalkan dari anaknya.yang bekerja sebagai buruh Pabrik rokok di Tanggulangin.

 

“Rumah ini keadaanya sudah sangat parah,yang rusak bagian atas,teras depan dan plafon dalam ,dulu terkena puting beliung.Katanya.

 

Subandi Wakil Bupati Sidoarjo bersama Anggota DPRD Sidoarjo,Baznas Kabupaten Sidoarjo,Pemerintah Desa Grinting langsung bergerak cepat mendatangi lokasi rumah milik Nirah di desa Grinting Kecamatan Tulangan. Dari sidaknya itu, Pemerintah Kabupaten Sidoarjo  melalui Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Sidoarjo akan merenovasi rumah milik Nirah dengan biaya perbaikan senilai Rp. 20 juta,namun tetap akan dilakukan perincian terlebih dahulu.

 

Subandi Wakil Bupati Sidoarjo menyatakan siap akan membantu rumah milik Nirah warga Desa Grinting karena benar-benar tidak layah huni dan sempat roboh,apalagi menantuya juga sudah menginjak lanjut usia.

 

“Minimal 2 minggu sudah ada action lha ,karena melihat orang tua sudah tua kondisi rumahnya seperti itu apalagi habis rumahnya kemarin roboh ya ini juga kasihan,apalagi anaknya juga sudah usia juga ya sehingga mendapatkan perhatian penih dari pemerintah daerah.”Paparnya.

 

Wakil Bupati Sidaorjo meminta kepada pihak Desa Grinting untuk berkordinasi kepada pihak Badan Amil Zakat Nasioanal (BAZNAS) Kabupaten Sidoarjo dengan harapan segara bisa dilakukan perbaikan sesuai rencana.(Mec)

×
Berita Terbaru Update