Notification

×

Iklan

Iklan

UMKM NU Go Global, Produk LPNU Sidoarjo Siap Tembus Pasar Internasional

Minggu, 13 Agustus 2023 | Agustus 13, 2023 WIB Last Updated 2023-08-13T12:59:27Z


 


Sidoarjo.Terasdelta – Puluhan Produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dibawah binaan Lembaga Perekonomian Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Sidoarjo siap tembus pasar Internasional,salah satunya di Negara Timur Tengah Turki. Ahad (13/8/23).

 

Ungkapan itu dinyatakan Ketua PC LPNU Sidoarjo saat menggelar Worshop dengan tema “ Membangun kemandirian Jamiyah dan Jamaah NU “ di Fave Hotel Sidoarjo pada Sabtu (13/7/23) Sore.

 

Kegiatan itu dihadiri Wakil Ketua DPRD Provinsi Jawa Timur,Ketua PCNU Sidoarjo.Eksport Center Surabaya dan pengurus LPNU Se Kabupaten Sidoarjo ditingkat MWC maupun Cabang.

 

Roni Yudianto mengaku dalam Eksport UMKM ini tidak main-main karena telah mengundang perwakilan dari Kementerian Perdagangan (KEMENDAG) yaitu Surabaya Eksport Center untuk melakukan kurasi produk dari UKM dan UMKM binaan LPNU Sidoarjo.

 

“Jadi ini kita akan lakukan kurasi untuk produk-produk yang bisa di eksport ke Negara tujuan di seluruh dunia terutama sesuai segman yang masuk akal sementara ini di Timur Tengah khususnya di Negara Turki.”ungkapnya.

 

 

Pengusaha Muda NU itu juga menyatakan tidak hanya produk mamin,multi produk binaan LPNU Didoarjo telah diarahkan  menuju pengembangan UMKM naik kelas siap Eksport.

 

 

“Selanjutnya tidak hanya produk mamin,jadi multi produk semua produk semua UMKM yang dibina oleh LPNU baik tingkat Cabang maupun MWC akan kita arahkan untuk menuju pengembangan UMM naik kelas jadi bisa menuju level berikutnya.”Papar Roni Yudianto.

 

Masih Roni,kegiatan itu merupakan menindaklanjuti hasil program Musyawarah Kerja (MUSKER) yang berkaitan dengan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) dan ekonomi dalam membangun kemandirian jamiyah dan jamaah NU.

 

“Salah satu program hasil musker yang dilaksanakan ini adalah kaitannya dengan program UMKM ,hari ini kami mengumpulkan seluruh LPNU tingkat MWC beserta dengan UMKM binaanya untuk membawa produk.”Paparnya.

 

 

Muhaimin Abdul Syukur Kepala Pengelolah Eksport Center Surabaya salah satu Lembaga dibawah nuangan Kementerian Perdagangan (KEMENDAG) yang menangani Transaksi Eksport mengaku pihaknya telah mengirimkan sample produk UMKM  ke sejumlah Negara  di Dunia.

 

“Kemarin jika melihat di Grand City Bu Gubernur yang meresmikan pameran UMKM,itu kami sudah mengirim juga beberapa sample tapi di beli pihak Saudi Arabia,kemudian Singapura,Autralia dan Malaysia.”Ungkapnya.

 

 

Pengusaha Mabel Korea ini juga menyatakan pihaknya akan melakukan kurasi terhadap produk UMKM Binaan LPNU Sidoarjo dan akan di Eksport ke Negara Turki dengan catatan jika produknya sesuai kurasi kualitas.

 

“Makanan dan minuman yang jelas dari segi makanan sendiri jenisnya apakah ini layak untuk di konsumsi ke Negara tujuan,Kesehatannya,Persyaratannya,itu tidak harus dicantumkan dilabel packingnya.”Tandas Muhaimin Abdul Syukur.

 

Perlu diketahui,Eksport Center Surabaya ini bukan Pegawai Negeri Sipil (PNS),Namun ECS merupakan dari Gabungan Perusahaan Eksport Indonesia (GPEI) yang di tunjuk oleh Kementerian Perdagangan (KEMENDAG) untuk mengelolah ekspor di Surabaya.(Mec)

×
Berita Terbaru Update