Notification

×

Iklan

Iklan

Waspadai Dampak Buruk Gadget Pada Anak,Begini Cara RSI Siti Hajar Sidoarjo Mencegahnya.

Kamis, 03 Agustus 2023 | Agustus 03, 2023 WIB Last Updated 2023-08-03T11:59:38Z


 

Sidoarjo.Terasdelta - Rumah Sakit Islam (RSI) Siti Hajar Sidoarjo memberikan penyuluhan Spikologi Kesehatan tentang penggunaan dan bermain Gadget secara baik kepada ratusan anak-anak yatim di sejumlah Kabupaten Sidoarjo saat digelarnya santunan anak yatim dalam momentum Muharram 1445 hijriyah di ruang pertemuan Darun Na’aim RSI Siti Hajar Sidoarjo. Kamis (3/7/23) Pagi.

 

Turut Hadir Kusandrini.Sp.Psi ,Spikolog RSI Siti Hajar Sidoarjo,Ketua BPMNU RSI Siti Hajar Sidoarjo dr.Iqbal Faizin,KH Zainal Abidin Ketua PCNU Sidoarjo,Hj.Ainun Jariyah Ketua PC Muslimat NU Sidoarjo,Jajaran Syuriah dan Katib PCNU Sidoarjo,Direksi RSI Siti Hajar Sidoarjo dan Ratusan anak yatim yang tersebar diwilayah Kabupaten Sidoarjo.

 

Dalam penyuluhan itu,kurang lebih 100 anak yatim dibekali sejumlah materi tentang praktik baik menggunakan dan bermain Gadget. Selain itu,anak-anak yatim itu juga diarjakan cara berolahraga senam menggunakan Handphone dengan bijak yang jauh dari dampak buruk terhadap kesehatan.

 

Peragaan tersebut merupakan cerminan yang mampu bisa merubah kebiasaan buruk menjadi kebisaan baik terhadap anak agar tidak menggunakan Gadget yang berlebihan. Sebab,jika menggunakan Gadget terlalu lama akan menimbulkan banyak faktor dampak negatif mulai fisik maupun pikiran.

 

Kusandrini Spikolog RSI Siti Hajar Sidoarjo mengaku ada dua sisi mata pisau tentang penggunaan Gadget yaitu ada yang positif dan juga yang negatif. Untuk positifnya,anak-anak bisa mendapatkan sarana Informasi,Kreativ sebagai media belajar. Namun untuk segi negatifnya akan menganggu Emosional jika memakai berlebihan dan menganggu konsentrasi hingga berdampak penurunan prestasi belajar.

 

“Dampaknya fisik apa, mata.jadi sudah saya gambarkan bahwa kasus ya di jawa barat ,insya’alloh disini tidak ada ya,itu anak umur 3 tahun sudah diberikan Gadget matanya ini sampai keluar dampak fisiknya sudah tidak dapat melihat ,tidak pernah tidur.”Ungkapnya.

 

 

Ia juga menjelaskan bahwa pernah menangani kasus di RSI Siti Hajar Sidoarjo yang dimana ada seorang orang tua mengeluhkan ananya yang tidak bisa tidur pada setiap malam dan tidurnya hanya disaat bersekolah.

 

“Ini waktu saya tanya kasus di rumah sakit Siti Hajar itu ,ada satu kasus anak kelas 4 SD dan ibunya mengeluh ,anak ini tidak pernah tidur ,tidurnya kalau di sekolah sehingga dia tidak bisa menerima materi ternyata berhari-hari sampai malam dia pakai HP.”Jelasnya.

 


dr.Iqbal Faizin Ketua Badan Pelaksana Mabarot Nahdlatul Ulama (BPMNU) RSI Siti Hajar Sidoarjo mengaku penyuluhan mengenai Spikolog kesehatan tentang penggunaan dan bermain Gadget secara bijak ini sengaja djtepatkan pada momen santuanan anak yatim yang berjumlah sekitar 100 anak. Pihak BPMNU RSI Siti Hajar Sidoarjo memberikan Tas Sekolah,Alat Pendidikan dan uang talih asih sebagai upaya dalam membantu meringankan beban pendidikannya.

 

“Alhamdulillah tema kali ini cukup lumayan bagus karena ada hubungannya sama Gadget maupu Handphone ,bagaimana anak-anak ini bisa bijak dan selalu positif memakai Handphone.”Ungkapnya.

 

Ada beberapa cara pencegahannya mulai para Guru,orang tua dan anak harus ada kesepakatan bersama tentang pencegahan penggunaan Gadget. Pendampingan orang tua,usia anak dan durasi penggunaan Handphone sangat perlu diperhatikan dengan serius,Sebab jika tidak anak-anak akan dengan leluasa bermain tanpa henti hingga mengakibatkan gangguan kesehatan mata dan menimbulkan Dopamim yang sangat berlebihan.(Mec)

×
Berita Terbaru Update