Notification

×

Iklan

Iklan

Jaring Bibit Unggul, UMAHA Sidoarjo Gelar Turnamen Catur Cepat

Minggu, 25 Februari 2024 | Februari 25, 2024 WIB Last Updated 2024-02-25T09:50:54Z

Sidoarjo, terasdelta.com - Upaya menjaring bibit unggul pecatur, Universitas Ma'arif Hasyim Latif (UMAHA) Sidoarjo menggelar turnamen catur cepat Rektor Cup 2024, di aula kampus setempat, Minggu (25/2/2024).

Sekitar 338 peserta dari berbagai daerah di Nusantara, turut andil mengikuti turnamen catur. Ada dua kategori, yakni umum dan pelajar.


Menariknya, dalam turnamen catur cepat ini tak hanya peserta umum dan pelajar yang ikut terlibat. Namun dari master nasional dan internasional juga ikut ambil bagian.


Rektor UMAHA Sidoarjo, dr. H. Hidayatullah, Sp.N. mengatakan, turnamen catur cepat ini selain bertujuan untuk menjaring bibit unggul sejak dini, juga untuk mempopulerkan kembali olahraga catur di kalangan anak muda.

Disamping itu, sambung pria yang akrab disapa Gus Dayat, merupakan rangkaian kegiatan satu Dekade UMAHA, dan mengenalkan kampus jawara kepada masyarakat luas. 

"Melalui turnamen catur semacam ini, kami berharap bisa menumbuhkan bibit unggul atlet catur. Olahraga catur akan semakin banyak diminati berbagai kalangan di lapisan masyarakat. Terutama anak muda yang selama ini asyik dengan gadget atau game online agar mencintai catur ini yang merupakan warisan dan menjadi budaya Indonesia," kata Gus Dayat.


Azza, salah satu pelajar kelas 3 Madrasah Ibtidaiyah mengaku, ini merupakan pengalamannya yang kedua kali ikuti turnamen catur. Dirinya berharap bisa semakin mengasah ketrampilannya bermain catur, agar semakin baik lagi.

"Saya suka bermain catur, dan hampir setiap hari main catur. Karena saya ingin menjadi master catur," ucap gadis yang bercita-cita jadi polisi wanita itu.

Turnamen catur cepat Rektor cup 2024 ini akan mendapatkan hadiah tropi dan total hadiah uang sebesar Rp. 33.500.000.

Menurut rencana, turnamen catur semacam ini akan digelar tiap tahun, agar mampu mewadahi dan menjaring bibit unggul atlet catur di berbagai daerah. (Kholid). 
×
Berita Terbaru Update