Notification

×

Iklan

Iklan

RMI NU Sidoarjo Siap Kawal 2 Tantangan Pondok Pesantren.

Rabu, 10 Mei 2023 | Mei 10, 2023 WIB Last Updated 2023-05-10T06:40:39Z


Sidoarjo.terasdelta-Rabithah ma'ahid islamiyah(RMI) nahdlatul ulama sidoarjo siap mengawal dua tantangan yang sedang dihadapi pondok pesantren antara lain pesantren ramah anak dan
one pesantren one product (OPOP).

 

Ungkapan itu dinyatakan ketua rabithah ma'ahid Islamiyah(RMI) nahdlatul ulama sidoarjo saat menggelar halal bihalal bersama pengurus cabang nahdlatul ulama sidoarjo,bakesbangpol sidoarjo,kabagkesra sidoarjo,kemenag sidoarjo,bank syariah indonesia dan pengasuh ponpes di gedung aula kementerian agama kabupaten sidoarjo.rabu(10/5/23)siang.

 

Kh.m. syakir ridlo menjelaskan untuk pondok pesantren rama anak,rmi nu sidoarjo akan mengaktualisasikan pendidikan yang penuh kasih dan sayang.Sebab,dengan cara pengajaran seperti itu pondok pesantren perlu trobosan baru,karena ponpes zaman dahulu dinilai sangat berbeda dengan kondisi saat ini.

 

“tentang bagaimana rmi ini bisa memberikan suatu solusi dan bisa memberikan pengawalan pondok pesantren anggota kami,yang pertama adalah pondok pesantren rama anak.”jelasnya.

 

Pembelajaran tentang pendekatan dzohir maupun batin secara spiritual dan memperlakukan santri secara tradisional nantinya tetap tidak dihilangkan semata-mata.Dengan demikian,perlakuan anak ketika di dalam pondok pesantren tidak merasa dipenjara sehingga perlu adanya pendekatan layaknya keluarga sendiri tanpa ada timbul permasalahan baru.

 

“termasuk juga ada undang-undang perlingungan terhadap anak ini juga harus menjadikan kewaspadaan semua pengasuh agar pengajaran,pengasuhan terhadap santri pembelajaran kasih dan sayang.”tegas kh.m.syakir ridlo.

 

“sedangkan untuk one pesantren one product (opop),rmi nu sidoarjo siap melangkah dengan kemandirian ekonomi dalam mengembangkan usaha.pondok pesantren nantinya akan memproduksi satu produk unggulan dan kemudian penjualannya  akan difasilitasi oleh opop jawa timur.”jelasnya.

 

 

Saat ini rabithah ma'ahid islamiyah(RMI) nahdlatul ulama sidoarjo telah memberikan fasilitas pendidikan digitalisasi berupa seperangkat komputer kepada 40 pondok pesantren di wilayah sidoarjo.Setiap ponpes telah menerima 1 unit seperangkat komputer senilai 25 juta yang sebelumnya bekerjasama dengan badan usaha milik negara(bumn).

 

“ya dalam waktu dekat juga rmi nu sidoarjo akan meneruskan program tersebut dengan memberikan sebanyak 50 madrasah dibawah naungan kementerian agama.”jelasnya.

 

Pemberian akan dilakukan secara bertahap mulai tahap 1 sebanyak 20 unit komputer dan ditahap 2 sebanyak 30 unit komputer dalam upaya meningkatkan kualitas informasi teknologi.(mec)

×
Berita Terbaru Update