Notification

×

Iklan

Iklan

Sambut Regulasi Kurmer 2024,Ratusan Guru Bernaung Di Ma’arif Sidoarjo Mulai Dibekali Ikm.

Jumat, 26 Mei 2023 | Mei 26, 2023 WIB Last Updated 2023-05-26T06:36:01Z


 

Sidoarjo.terasdelta – 759 guru madrasah ibtidaiyah(MI) dibawah naungan pengurus cabang(PC) lembaga pendidikan(LP) ma’arif nahdlatul ulama sidoarjo dibekali implementasi kurikulum merdeka(IKM) di pusat pendidikan dan latihan(PUSDIKLAT)pc lp ma’arif nu sidoarjo.kamis (25/5/23)siang.

 

Pemateri Dr. m. hamim thohari, s.pd., mm menyatakan kegiatan itu merupakan menindaklanjuti regulasi dari pemerintah yakni kementerian agama(kemenag) ri dan kementerian pendidikan nasional(kemendiknas) agar disatuan pendidikan baik negeri maupun swasta sudah  mengimplementasikan kurikulum merdeka pada tahun 2024 mendatang.

 

“ditahun 2024 kemenag ri itu akan mengimplementasikan seluruhnya ikm semua satuan pendidikan tidak hanya yang mendapatkan rekomendasi dan yang belum dapat rekomendasi.”tegasnya.

 

Sekretaris pc lp ma’arif nu sidoarjo juga menambahkan jika tahun ini belum menentukan implentasi kurikulum merdeka,maka akan dikuatirkan masyarakat yang faham dengan pendidikan tanya tentang kurikulum sehingga perlunya lembaga pendidikan sudah update terkait penggunaan kurikulum.

 

“saya kuatir masyarakat yang paham dengan pendidikan,ketika mau menyekolahkan putra-putrinya itu tanya tentang kurikulum,pakai kurikulum apa,oh pake kurikulum merdeka ,oh berarti sekolah ini up to date.”tegasnya.

 

Hamim thohari saat ini juga menjabat sebagai kepala mi muslimat nu pucang sidoarjo mengaku dirinya memberikan pembekalan mulai praktek menyusun capaian pendidikan (CP),alur tujuan pembelajaran (ATP) secara bertahap selama 11 kali pertemuan.Pembekalan dilakukan secara bergiliran sesuai kecamatan yang ada diwilayah kabupaten sidoarjo sehingga akan paham tentang pembuatan kurikulum merdeka,p5ra,asesmen dan model rapot projec.

“perkecamatan diambil kepala madrasah,wakil kepala,guru kelas satu dan kelas empat.”katanya.

 

Pelatihan ini juga berfokus pada pembuatan  modul ajar mulai pembuatan konten,proses,produk maupun lingkungan belajar.Tak hanya itu,peserta juga dibekali prakter penyusunan p5ra project profil pelajar pancasila romatan lila’allamin yang dimana anak-anak nantinya bisa memiliki hasil karya produk dan aksi atau perfom.

 

Peserta mengapresiasi adanya pembekalan itu karena ikm produk baru dari pemerintah sehingga perlu dipelajari lebih mendalam.Rencananya,implementasi kurikulum merdeka akan diterapkan disekolah sebagai wujud aplikasi pelatihan yang sudah diberikan oleh pc lp ma’arif nu sidoarjo.

 

“seperti ini sangat diperlukan karena kita sebagai guru dan juga kepala sekolah dengan pembelajaran ikm ini yang dirasa banyak sekali manfaatnya karena ikm ini sangat-sangat membantu kelanjaran dan pengenalan.”tegas eni herawati kepala minu tenggulunan candi.

 

Masih hamim thohari,selain menyusun,pelatihan itu juga berfokus pada pembuatan  modul ajar mulai pembuatan konten,proses,produk maupun lingkungan belajar.Tak hanya itu,peserta juga dibekali prakter penyusunan p5ra project profil pelajar pancasila romatan lila’allamin yang dimana anak-anak nantinya bisa memiliki hasil karya produk dan aksi atau perfom.

 

“inikan regulasi oleh pemerintah ,kita tahu didinas pendidikan itu tahun ini sudah 80 persen satuan pedidikan baik negeri maupun swasta sudah  mengimplementasikan kurikulum merdeka dan kita yang diswasta dikemanag itu ada piloting ikm,dan ndak banyak dari 28o madrsah dikabupaten sidoarjo itu hanya 7 madrasah di tunjuk sebagai piloting oleh kementerian agama ri.”tegasnya.”(mec)

×
Berita Terbaru Update