Notification

×

Iklan

Iklan

Cikal Bakal Sejarah Berdirinya Ishari NU Ranting Wonokasian Wonoayu.

Senin, 19 Juni 2023 | Juni 19, 2023 WIB Last Updated 2023-06-19T02:10:38Z


 

Sidoarjo.terasdelta - Ikatan seni hadrah indonesia (ISHARI) nahdlatul ulama ranting wonokasian bersama ikatan seni hadrah(ISHARI) nahdlatul ulama anak cabang(ANCAB) wonoayu sidoarjo memperingati haul towongso sesepuh penggerak ishari nahdlatul ulama tanpa pamerih dan lelah.

 

Peringatan haul itu digelar di rumah djuri putra almarhum towongso dusun kersan rt 02 rw 01 desa wonokasian kecamatan wonoayu kabupaten sidoarjo.minggu(18/6/23)malam.



Menurut djuri mengaku ayahnya meninggal dunia pada tahun 1973 dikarenakan sakit.Ia ditinggal pada saat masih berusia 15 tahun dan masih bersekolah ditingkat madrasah tsanawiyah (MI) dan madrasah tsanawiyah(MTs).

 

“seingat saya , kalau tidak salah pada tahun 1973,jadi kalau bapak itu meninggal dunia saya masih smp dan kesukaan bapak saya dengan hadrah.”ceritanya.

 

Konon semasa hidupnya,almarhum towongso merupakan tokoh penggerak seni hadrah atau yang dikenal saat ini sebagai ikatan seni hadrah indonesia(ISHARI) nahdlatul ulama.Towongso dikenal gigih dalam menghidupkan seni hadrah tanpa pamrih dan lelah diwilayah ranting nahdlatul ulama wonokasian diera sekitar tahun 50 an dan berhasil membesarkan seni hadrah hingga saat ini.

 

“bapak saya dulu merupakan salah satu pengurus hadrah atau penggerak hadrah dimasa lalu.memang bapak saya itu suka dengan hadrah zaman dulu bukan ishari.”kata djuri.

 


Berkat kegigihan towongso,kini ikatan seni hadrah indonesia(ishari) diwilayahwonokasian wonoayu berkembang pesat hingga bisa mengkader generasi muda yang masih bersekolah ditingkat madrasah ibtidayah(MI) dan madrasah tsanawiyah(MTs).kader bibit penerus tersebut sudah berjumlah puluhan orang dan sering mengikuti kegiatan haul ulama diwilayah wonoayu,bahkan diwilayah cabang ishari kabupaten sidoarjo dalam mendoakan ahli kubur dengan cara bersholawat ishari.

 

“dari tahun ke tahun merikrut dari anak-anak muda siswa setingkat sd atau mi ini sudah direkrut untuk peningkatan atau generasi penerus ,sekarang anggota yang sudah tercatat berjumlah 75 orang ,kalau ancab wonoayu sudah 12 ranting dari 23 ranting sudah terbentuk.”tegas abdul azis ketua ishari ranting wonokasian wonoayu.



Ketua ishari nu ranting wonokasian menambahkan seni hadrah itu memiliki gerakan menuju sanad nabi muhammad saw,yang dimana gerak tangannya melambangkan lafadz rasulullah saw.Sedangkan gerakan tepuk tangan,duduk hingga berdiri merupakan gerakan-gerakan yang disebut joss dan yahoom dengan membaca sholawat tentang doa-doa dan puji-pujian riwayat nabi muhammad saw.(mec)

×
Berita Terbaru Update