Notification

×

Iklan

Iklan

Guna Jawab Tantangan, Ratusan Kader NU Dibekali Tata Cara Memandikan Jenazah Secara Syar’i

Senin, 24 Juli 2023 | Juli 24, 2023 WIB Last Updated 2023-07-24T03:36:31Z


 

Sidoarjo.Terasdelta - Ratusan Kader Nahdlatul Ulama di wilayah Taman Kabupaten Sidoarjo dibekali tata cara memandikan jenazah secara syar’i di Balai Desa KramatJegu.Senin (24/7/23) Pagi.

 

Pelatihan Pemulasaran Jenazah dan NTCR itu digelar oleh Pimpinan Anak Cabang (PAC) Majelis Dzikir dan Shoalwat Rijalul Ansor Taman dengan melibatkan PAC Gp Ansor Taman,MWCNU Taman,PCNU sidoarjo,PD DMI Sidoarjo,Kemenag Sidoarjo dan PC MDS Rijalul Ansor Sidoarjo yang di tempatkan di Balai Desa KramatJegu Kecamatan Taman pada Ahad 23/7/23.

 

 

Pembekalan itu menghadirkan narasumber dari Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sidoarjo antara lain Dr.Abdurrahman Kepala Bimas, M.Zaim Afsokh,Sag,M.Pdi Penyuluh Agama Fungsional, Imam Mukhozali,S.Pd,S.Ag, MM. Ketua PD DMI Sidoarjo sekaligus Kasi Pais Kemenag Sidoarjo.

 

 

Ketua Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Taman menyatakan ada sebanyak 110 orang yang hadir sebagai peserta antara lain dari Badan Otonom Nahdlatul Ulama hingga tokoh Masyarakat se Kecamatan Taman.

 

 

“Peserta pelatihan pada pagi ini dari unsur sahabat-sahabat Ansor,sahabat-sahabat Rijalul Ansor,sahabat-sahabat Fatayat dan juga tokoh Masyarakat yang ada di Kecamatan Taman maupun sekitarnya.” Ujar M.Erwin Dasayuaf.

 

 

Ia juga mengaku sengaja menggelar pelatihan pemulasaran jenazah bagi kader NU sebagai upaya dalam menjawab tantangan dan kebutuhan di tengah-tengah masyarakat. Sebab,perawatan jenazah seperti ini dinilai sangat di butuhkan,Apalagi ketika para modin berhalangan tidak bisa menangani jenazah.

 

“Kalau ditengah-tengah masyarakat pada hari ini untuk ketika ada orang meninggal hanya di tangani oleh Modin saja ,dana jikalau modin tersebut berhalangan maka penanganan jenazah ini terganggu.”Pungkasnya.

 


Kasi Pais Kemenag Sidoarjo sekaligus Ketua PD DMI Sidoarjo menyatakan dalam pelatihan ini akan mengupas tentang jenazah yang meninggal biasa maupun jenazah karna penyakit yang menular.Tak hanya itu,pemulasaran jenazah secara Syar’i menjadi materi utama karena mengkafani secara benar hingga memperlakukan jenazah sampai ke liang lahat perlu di kupas tuntas.

 

“Sesuai Syari tentu akan kita pelajari secara Fikih, jadi bagaimana mengkafani secara benar perempuan dan laki ,terus bagaimana memperlakukan tatkala mau keliang lahat sesuai dengan syariahnya bagaimana ,nah ini akan dipelajari kupas tuntas dalam pelatihan ini.”Ungkap Imam Mukhozali.

 

Sementara itu Mohammad Zaim Afsokh Penyuluh Agama Fungsional Kemenag Sidoarjo memberikan materi maupun prakter tentang tata cara memandikan jenazah secara syar’i dengan menggunakan media peraga sebuah boneka layaknya seseorang meninggal dunia.

 

 

Selain pelatihan pemulasaran jenazah,Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sidoarjo juga mensosialisasikan pelayanan terkait Surat Keterangan Nikah ,Talak,Cerai dan Rujuk (NTCR).(Mec)

×
Berita Terbaru Update