Notification

×

Iklan

Iklan

Akhir MPLS, 502 Siswa SMK YPM 8 Sidoarjo Bersihkan & Sebar 11 Ribu Benih Ikan Di Sungai.

Selasa, 25 Juli 2023 | Juli 25, 2023 WIB Last Updated 2023-07-25T03:44:22Z


 

Sidoajo.Terasdelta - 502 Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Yayasan Pendidikan Sosial dan Ma’arif (YPM) 8 Sidoarjo bersihkan sampah dan menebar ribuan ribu benih ikan di sungai Sarirogo -Anggaswangi di akhir Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah ( MPLS).Selasa (25/7/23) Pagi.

 

Gerakan peduli lingkungan itu melibatkan semua unsur mulai Siswa,Duta Lingkungan,Elemen Masyarakat,TNI maupun dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Sidoarjo.

 

Aftoni,ST,MM Waka Kurikulum SMK YPM 8 Sidoarjo mengaku gerakan peduli lingkungan ini merupakan program tahunan yang digelar di setiap akhir masa pengenalan lingkungan sekolah (MPLS) dan ada juga kegiatan harian maupun mingguan.

 

Kita agendakan setiap tahun,ada mingguan dan harian,tentunya kita tumbuhkan anak-anak untuk lebih peduli lingkungan ,setelah peduli nanti kita harapkan anak-anak bisa cinta lingkungan kemudian mencintai sesamanya.”Ungkapnya.

 

Ia juga menyatakan selain membersihkan rerumputan,kangkung  dan sampah di sepanjang sungai,pihaknya juga menebar Ribuan benih Ikan Lele dan Mujaer merah ke dalam sungai.

 

“Tadi ada 11 ribu,ikan lele dan ikan mujaer merah ,ya mudah-mudahan tahun kedepan bisa lebih dapat tumbuh dan bisa hiburan masyarakat untuk di pancing.”Paparnya.

 

SMK YPM 8 Sidoarjo sengaja memilih di sugai Sarirogo -Anggaswangi karena lingkungan terdekatnya dalam rangka berpartisipasi sesama menjaga sungai.

 

“Karena sungai ini lingkungan terdekat kita ya SMK YPM 8 Sidoarjo ,mau tidak mau kita harus membantu membersihkan lingkungan sungai dan sekitarnya.”Ujar Aftoni.

 

 

Pada kesempatan itu pula siswa juga menebar benih ikan lele dan ikan majaer secara serempak yang di kemas dalam kantong plastik. Masing-masing siswa didik baru membawa kantong plastik ikan  kemudian di sebar kedalam sungai dengan harapan masyarakat bisa merawat sungai tanpa harus di kotori.

 

“Diajarin membersikan sungai dan lingkungan sekitar serta memberi bibit benih ikan .semua turun ada diatas dan di bawah.”Ujar Anggar siswa SMK YPM8 Sidoarjo.

 

Gerakan itu merupakan pembelajaran karakter bagi siswa didik baru agar selalu merawat lingkungan sungai dari sampah sehingga kebersihan sungai tetap bisa terjaga. Selain itu,pihak sekolah berharap,Masyarakat untuk tidak lagi  membuang sampahnya sembarangan terutama disungai,baik di jalan jalan maupun di sungai sungai.(Mec)

 

×
Berita Terbaru Update