Notification

×

Iklan

Iklan

Muharram Carnival,7000 Siswa YPM Gunakan Kostum Berbagai Ragam Budaya Nusantara.

Rabu, 19 Juli 2023 | Juli 19, 2023 WIB Last Updated 2023-07-19T09:36:57Z


 

Sidoarjo.Terasdelta- Sekitar 7000 Siswa dari Yayasan Pendidikan Sosial dan Ma’arif (YPM) mengkuti Carnival Muharram 1445 Hijriyah dengan menggunakan kostum berbagai ragam Budaya Nusantara, Pawai Budaya itu mengusung tema “Penguatan Budaya Baik Untuk Mewujudkan Peradaban Baru.” Rabu (19/7/23) Pagi.

 

 

Start YPM Carnival di mulai dari Sepanjang Town House-Kalijaten-Geluran-Jalan Raya Taman-Ketegan-Bebekan-Wonocolo-Ngelom-Finis Kampus Umaha.

 

Di lokasi sepanjang Town House,berbagai kreasi Siswa dihadirkan untuk menyemarakkan Tahun Baru Islam 1445 Hijriyah dengan mengenakan costum Khas Budaya Nusantara.Mereka mengenakan berbagai kostum unik diantaranya kostum Carnival,Adat,Budaya,Agamis,Ulama hingga Kiai yang telah berjuang dalam mempertahankan Bangsa Indonesia melalui Syiar Agama Islam.

 

 

Cintya bella peserta Pawai mengaku sengaja mengenakan kostum burung Garuda karena Garuda merupakan Lambang Negara Indonesia.Ia mempersiapkan busana jauh-jauh hari untuk menyemarakkan Carnival dengan harapan tetap semangat dan pantang menyerah.

 

“Memperingati 1 Muharram ,memakai kostum Garuda,Lambang Negara Indonesia,Saya berharap Indonesia tetap damai dan tentram selamanya.”Ungkapnya.

 


Pawai akbar Tahun Baru Islam ini ada 9 kategori yang dilombakan sesuai kreteria diantaranya barisan Kreatif.barisan sewa,guru berkostum unik,carnival,mobil hias dan patrol.Para Guru maupun Siswa merebutkan total hadiah kurang lebih Rp 25 Juta Rupiah.

 

“Masing-masing Juri sudah diberi fom penilaian ,secara umum penilaiannya adalah melihat kreasi dari kostumnya ,dari yel-yel yang disampaikan ,jadi kerapian dan lain sebagainya termasuk ada keserasian dan tema.”Ujar Achmad Mufit Ketua Panitia YPM Carnival.

 

 

Sementara itu Ketua YPM mengatakan momen kali ini,pihaknya mendorong siswa untuk berani memunculkan apa yang menjadi komitmen mereka. Menurutnya,penguatan budaya baik kepada siswa penting dilakukan karena tantangan ke depan yang paling mendesak adalah terkait tergerusnya attitude (perilaku) dan akhlak.

 

“Yang utama memang terkait dengan adanya yel-yel yang mengarah pada orang tetap mengingat dan mengamalkan yang menjadi tinggalan para Masyayikh kita,Ulama kita para pendahulu kita dan terkait Budaya baik dimana Implementasi Akhlakul Karimah.”Kata Ahmad  Makki.


 YPM Carnival tahun ini diikuti mulai dari Karyawan,Guru,Dosen,Siswa Play Group (PG), Taman Kanak-Kanak (TK),Sekolah Sasar (SD) Ma’arif YPM,Sekolah Menengah Pertama(SMP) YPM 1 dan Sekolah Menengah Atas (SMA) Wachid Hasyim 2,Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) YPM 1,SMK YPM 2,SMK YPM 3 dan Universitas Hasyim Latif (UMAHA). (Mec)

×
Berita Terbaru Update