Notification

×

Iklan

Iklan

Terinspirasi Haji Cilik Di Mekkah,230 Siswa SD Negeri Maupun Swasta Dibekali Tata Cara Berhaji.

Rabu, 26 Juli 2023 | Juli 26, 2023 WIB Last Updated 2023-07-26T11:49:10Z


 

Sidoarjo.Terasdelta - 230 Siswa Sekolah Dasar Negeri (SDN) maupun Swasta di bawah naungan Kelompok Kerja Guru Pendidikan Agama Islam (KKG PAI) Kecamatan Porong Kabupaten Sidoarjo dibekali tata cara pelaksanaan ibadah haji di Masjid Sabilillah dan di Lapangan Dusun Beringin Desa Pamotan.Rabu (26/7/23) Pagi.

 

Pelatihan Manasik Haji itu melibatkan 23 Sekolah Dasar Negeri maupun Swasta. Masing-masing Lembaga Pendidikan mendelegasikan 10 siswa kelas 5 dan 6 sebagai peserta manasik haji cilik.

 

Reza ali Ketua Kelompok Kerja Guru Pendidikan Agama Islam(KKG PAI) Porong mengaku pembelajaran manasik haji ini telah dilakukan di setiap tahun bertepatan usai pelaksanaan haji di Mekkah. Sedangkan tujuan dari manasik haji itu sendiri untuk mengenalkan sejak dini kepada siswa sekolah dasar agar nantinya mereka bisa meneruskan berangkat haji yang sesungguhnya.

 

“Tujuan dari manasik haji ini untuk melatih sejak dini ,yang mana ini merupakan rukun islam yang sangat penting bekal anak-anak kedepannya nanti.”Ungkapnya.

 

Ia juga menyatakan ada beberapa materi dan praktek tata cara pelaksanaan rukun islam yang ke lima yaitu ibadah haji dengan disertai menggunakan costum ihrom bagi siswa laki-laki dan siswa wanita menggunakan mukenah layaknya berhaji sungguhan.

 

“Materi dan praktek ya seputar manasik haji, ada sejumlah urutan diantaranya mulai melakukan Ihram,Wukuf di Arafah,Thawaf Ifadah,Sai,Mabit di Muzdalifah,melempar jumroh Aqabah,mencukur rambut,melempar tiga jumroh,Mabit di Mina,Thawaf Wada dan Tahalul.”Paparnya.

 

 

Buasim,M,Pd Ketua K3S atau Kegiatan Kelompok Kerja Kepala Sekolah Kecamatan Porong sangat mengapresiasi dan mendukung penuh dalam kegiatan manasik haji karena terinspirasi anak kecil sudah melaksanakan haji di mekkah sehingga perlu adanya pelatihan sejak dini bagi anak-anak.

 

“Melihat dari sana,di sana di Mekkah sendiri anak-anak kecil itu banyak yang melakukan atau melaksanakan ibadah haji,baik itu ada di gendong atau anak-anak kecil itu banyak.”Paparnya.

 

 

Pembelajaran manasik haji itu,mengajarkan para siswa nantinya bisa menyempurnakan rukun islam yang ke lima yaitu haji bagi yang mampu.(Mec)

 

×
Berita Terbaru Update