Notification

×

Iklan

Iklan

Safari Ramadan, PCNU Sidoarjo Sampaikan Program Satu Desa Satu Madrasah

Sabtu, 23 Maret 2024 | Maret 23, 2024 WIB Last Updated 2024-03-24T04:44:23Z

Sidoarjo, terasdelta.com - Pimpinan Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Sidoarjo menggelar acara safari ramadan di Masjid Abu Bakar, Desa Jemundo, Kecamatan Taman, pada Sabtu, 23 Maret 2024 malam. Acara tersebut menjadi momen yang berkesan bagi warga setempat, karena memberikan nuansa keagamaan dan kebersamaan yang mendalam, khusunya Jam'iyyah Nahdlatul Ulama.

Masjid Abu Bakar yang menjadi tuan rumah acara ini terletak di Desa Jemundo, Kecamatan Taman, Sidoarjo. Tempat ini dipilih sebagai lokasi safari ramadan karena memiliki makna yang khusus bagi masyarakat setempat. Dengan keramahtamahan yang khas, masyarakat Desa Jemundo Taman menyambut kehadiran PCNU Sidoarjo dengan antusiasme yang tinggi.

Acara dimulai dengan pembukaan oleh perwakilan dari Pengurus MWC NU Taman, yang menyampaikan tujuan dari kegiatan Safari Ramadan ini, yaitu untuk mempererat tali silaturahmi antarwarga dan meningkatkan kecintaan terhadap ibadah Ramadan. Selain itu, acara ini juga diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih mendalam tentang ajaran Islam kepada masyarakat.

Setelah pembukaan, dilanjutkan dengan pemaparan Tim PCNU Sidoarjo yang disampaikan oleh Sekretaris PCNU Sidoarjo, H Agus Mahbub Ubaidillah. Dalam kesempatan itu ia menyampaikan empat hal, Pertama terkait program "Satu Desa Satu Madrasah". Program ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan agama di tingkat desa melalui pembentukan madrasah-madrasah baru. Program ini juga untuk menutupi kekurangan yang selama ada desa atau ranting belum memiliki madrasah baik di semua tingkatannya.

Kedua, masjid membangun masjid dengan cara memakmurkan masjid-masjid NU. Jangan sampai masjid yang dikelola oleh NU dengan mudahnya amaliahnya malah dikuasai oleh kelompok sebelah.

Ketiga, Rumah Sakit membangun klinik. Yakni dengan cara menfasilitasi pendirian klinik baik ditingkat ranting maupun MWC. Program ini difasilitasi oleh RSI Siti Hajar Sidoarjo dengan harapan memberikan kemudahan dalam fasilitas kesehatan kepada masyarakat Nahdliyyin. Dalam program ini diharapkan pengurus hingga tingkat ranting diminta proaktif dalam melakukan pendirian klinik kesehatan ini.

Ketiga, pendirian Koperasi Syariah, yakni berupa BMT hingga ditingkatan MWC NU. Sampai saat ini nilai aset BMT PCNU Sidoarjo Rp 5 Miliar. Pendirian BMT ditawarkan kepada Pengurus MWC NU. Jika dalam pelaksanaannya tidak bisa dilakukan, maka akan dikerjasamakan pada Badan Otonom atau lembaga. Namun jika pelaksanaannya juga tidak mampu, maka akan dikerjasamakan mitra khusus seperti Pondok Pesantren. 


Kehadiran PCNU Sidoarjo dalam acara Safari Ramadan di Masjid Abu Bakar Desa Jemundo Taman tidak hanya menjadi momentum keagamaan, tetapi juga sebagai wujud nyata dari semangat kebersamaan dan gotong royong dalam menjalankan ibadah ramadan. 

Acara ini diharapkan dapat menjadi inspirasi bagi masyarakat lainnya untuk mengadakan kegiatan serupa di tempat-tempat lain, sehingga semangat Ramadan dapat dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Sidoarjo, Pengurus Majelis Wakil Cabang (MWC) NU Taman, Pengurus Badan Otonom dan Lembaga-lembaga MWC NU Taman, Pengurus Ranting se-Kecamatan Taman, Muspika Kecamatan Taman dan Tokoh-tokoh agama dan masyarakat setempat. (mas/red). 
×
Berita Terbaru Update