Notification

×

Iklan

Iklan

Darurat Limbah Plastik, LPBINU Sidoarjo Teken Kerjasama Dengan Plastik Bank Indonesia

Senin, 26 Juni 2023 | Juni 26, 2023 WIB Last Updated 2023-07-05T00:40:23Z


 

Sidoarjo,terasdelata. Pengurus cabang (PC) lembaga penanggulangan bencana dan perubahan iklim nahdlatul ulama (LPBINU) sidoarjo teken kerjasama dengan plastik bank indonesia tentang program edukasi dan sedekah sampah plastik digedung lantai tiga pcnu sidoarjo perum puri airlangga sidoarjo.sabtu (24/6/23)siang.

 

Penyerahan bentuk kerjasama itu disaksikan dinas kebersihan dan lingkungan (DLHK) kabupaten sidoarjo,pc lembaga pendidikan ma’arif nu sidoarjo,tagana,relawan lingkungan,bagana,pcnu sidoarjo,lpbinu sidoarjo dan kabagkesra mewakili bupati sidoarjo.

 

Ketua pc lpbinu sidoarjo mengaku bentuk kerjasama dengan pihak plastik bank indonesia ini dalam rangka menindaklanjuti program spiritual ekologi yang digagas pbnu.Sebab limbah plastik di indonesia masih menjadi permasalahan penting dan perlu ada kepedulian dalam pencegahan limbah plastik.

 

“ya sekarang ini mencoba sesuai dengan program lpbi pusat bawasannya spiritual ekologi yang kemarin disampaikan pada waktu rakernas,alhamduillah kebiasaan kita ya kalau ada bencana ya kita langsung terjun dilapangan,tapi ini sebelum benana.”tegas samsul huda.

 

Dalam mou-nya itu,lpbinu sidaorjo bersama plaztik bank indonesia bersepakat mencegah pencemaran limbah plastik yang ada di lembaga pendidikan dibawah naungan ma’arif,pondok pesantren dibawah naungan RMI dan masjid dibawah nuangan LTMNU sidoarjo maupun tempat ibadah lainnya.tempat-tempat sasaran tersebut akan diberikan bank sampah untuk menampung berbagai sampah plastik yang telah dibuang dengan harapan kondisi lingkungan tetap bersih dari limbah sampah.

 

“hari ini kita mou dengan plastik bank indonesia supaya orang-orang sadar yang biasanya kalau ke masjid sedekah dengan uang ,nah ini kita sedekah dengan botol plastik atau botol-botl yang ada dirumah biasanya kita buang sembarangan.”tegas ketua pc lpbinu sidoarjo.



Selain menyebar kotak bank sampah,lpbinu sidoarjo juga melounching duta santri sebagai penggerak lingkungan di pondok pesantren se kabupaten sidoarjo.mereka akan bergerak memberikan edukasi terhadap bahaya dan pentingnya mencegah limbah sampah plastik dilingkungan sekitarnya.

 

“kita menyediakan bank sampahnya,kita taruh situ dan kita beli nanti ,kita lpbi yang membeli dan bekerjasama dengan plastik bank indonesia.”tegas samsul huda ketua pc lpbinu sidoarjo.

 

Direktur plastik bank indonesia mengaku tercatat ada 77 juta ton sampah plastik se indonesia dalam pertahun.sedangkan penyumbang terbanyak berasal dari sampah rumah tangga yang dibuang secara tidak benar sehingga limbah plastik berserakan dimana-mana terutama dilaut.

 

“sampah plastik mencemari dilautan itu berasal dari keluarga,jadi edukasi didalam keluarga ,ayah ibu dan anak-anak mengenai pentingnya memilih sampah plastik dan dikumpulkan ketempatnya hingga menciptakan sirkulasi ekonomi.”tegas fedrik rahmadani saman.

 

Bagi lembaga pendidikan.pesantren dan tempat ibadah mengumpulkan limbah plastik,petugas atau relawan dari lpbinu sidoarjo akan bergerak mengambil disetiap bank sampah yang sudah ditentukan.Setiap pengambilan bank sampah akan ditimbang dan akan mendapatkan nilai ekonomis dari lembaga penanggulangan bencana dan perubahan iklim nahdlatul ulama(lpbinu)sidoarjo.(mec)

×
Berita Terbaru Update