Notification

×

Iklan

Iklan

Lestarikan Budaya Islam,Remas Annur Pilang Gelar Festival Takbir Keliling & Pawai Obor

Rabu, 28 Juni 2023 | Juni 28, 2023 WIB Last Updated 2023-07-05T00:39:34Z


 

Sidoarjo.terasdelta – Remaja masjid(REMAS) annur desa pilang kecamatan wonoayu kabupaten sidoarjo menggelar festival takbir keliling dan pawai obor dalam menyambut hari raya idul adha 1444 hijriyah.

 

Lomba itu secara simbolis dibuka alfadi kepala desa pilang dan fatkhur rochman ketua remas annur pilang di masjid annur pilang.rabu(28/6/23)malam.

 

Turut hadir ketua pengurus ranting nu pilang,takmir masjid annur pilang dan pengurus remas annur dengan menyaksikan jalannya festival takbir keliling dan pawai obor.

 

Ketua remaja masjid(remas) annur pilang menyatakan kegiatan ini sempat fakum beberapa tahun terakhir dan kini dihidupkan kembali dalam upaya melestarikan budaya islam.

 

“festival takbir keliling ini yaitu acara tiap tahunan,tapi sudah lama fakum dan kita mulai lagi pada tahun ini,alhamdulillah peserta tidak turun tapi malah semakin banyak.”kata fatkhur rochman.

 

Ia juga mengungkapkan pada festival takbir keliling ini ada 15 peserta dari berbagai usia maupun kalangan diantaranya anak-anak taman pendidikan alqur’an,ibu-ibu jam’iyah,banom nu dan  para pemuda desa setempat.

 

“peserta ini diikuti dari anak-anak atau tingkat dewasa dan tingkat dewasa itu diikuti dari tiap rt -rt se dusun pilang,untuk maksimal peserta 1 groupnya  15 .maksimalnya tidak terbatas.”ungkapnya.



Mantan ketua ipnu ranting pilang itu juga menambahkan digelarnya kegiatan ini dalam rangka menyambut hari raya idul adha 1444 h dan melestarikan budaya islam dengan harapan malam takbiran idul adha tetap berkumandang lebih meriah.

 

“harapannya kita ini meriahkan idul adha yang satu,untuk melestrikan budaya-budaya islam di desa pilang dan untuk meraimakan kegiatan di desa pilang.”kata fatkhur rochman.

 

Fatkhur juga menegaskan ada beberapa ketegori yang sudah di siapakan bagi juara festival takbir keliling dan pawai obor ini.uang tunai nilai ratusan ribu telah menanti bagi peserta terpilih menjadi juara.

 

“hadiahnya berupa uang tunai,untuk juara 1,2,3 tingkat dewasa,1,2,3 untuk tingkat anak-anak,ada juara the best costum dan yel -yel tingkat dewasa dan anak-anak.”tegasnya.



Kepala desa pilang mengapresiasi kegiatan yang dilakukan remas annur karena telah mengedukasi para genarasi penerus dan nguri-nguri budaya.Selain itu,kegiatan ini juga mempunyai nilai dan arti tersendiri dalam mengajak kekompakan dan menjalin silaturahim antar warga.

 

“warga dusun pilang desa pilang ini mengadakan festival takbir keliling untuk melestarikan budaya kita dan memberikan semangat pada generasi-generasi muda supaya mereka tahu bahwa dengan budaya-budaya kita ini akan membawa semakin semangat lagi.”tegas alfadi.

 

Dalam festival itu para peserta di berikan keleluasan berekspresi dalam menggunakan berbagai costum dan alat musik tradisional sesuai momentumnya alat-alat tersebut diantaranya mulai  kentongan bambu,botol kaca, kaleng bekas ,galon air mineral bekas dan alat musik lainya yang sudah di hias pita warna warni.Namun,kelengkapan itu belum menjadi penilain mutlak,Sebab,para peserta harus menyajikan yel-yel takbir dan menyalakan obor ketika akan berangkat dan berkeliling.(mec)

×
Berita Terbaru Update