Notification

×

Iklan

Iklan

Malam 1 Muharram 1445 H, Ratusan Warga TambakSumur Gelar Ritual Nyalakan Api Obor Keliling Desa.

Rabu, 19 Juli 2023 | Juli 19, 2023 WIB Last Updated 2023-07-19T05:00:26Z


 

Sidoarjo. Terasdelta - Ratusan warga nahdliyin dari berbagai unsur di Desa TambakSumur Kecamatan Waru Kabupaten Sidoarjo Menggelar Ritual Malam 1 Muharram 1445 Hijriyah dengan menyalakan Api Obor sambil membacakan Sholawat keliling Desa.Selasa (18/7/23) Malam.

 

Prosesi Ritual Malam 1 Muharram 1445 Hijriyah itu di awali  dari Seorang Ulama atau Tokoh Masyarakat yang dituakan mengkumandangkan Adzan dan setelahnya membacakan Doa Qunut Nazilah. Pembacaan dilakukan pada di setiap sudut Desa.

 

Selain Doa, Sholawat Burdah maupun Tibil Qulub juga dilantunkan secara serentak oleh Ratusan Warga Nahdliyin Desa TambakSumur. Mereka bersholawat sambil membawa Api Obor dan Bendera Merah Putih untuk di kelilingkan Kampung dengan harapan Desa mereka terhindar dari Mala Bahaya maupun Musibah.



Ketua Panitia Pawai Obor Malam 1 Muharram 1445 Hijriyah mengaku kegiatan ini terbilang cukup unik karena semua peserta mulai Anak-Anak hingga Orang Tua membawa Obor maupun Lampu Hias warna warni.Dengan demikian,Inti dari nyalakan api obor ini salah satunya untuk membangkitkan semangat dan menjalin kekompakan antar Warga Nahdliyin.

 

“Keunikan kegiatan ini akan setiap anak pasti membawa obor ataupun lampu-lampu yang berkedip-kedip untuk lebih menarik,dilain sisi juga kegiatan ini berjalan mengelilingi Kampung ,jadi di setiap sudut itu pasti ada Ritul-Ritual yaitu berdoa dan mengkumandkan Adzan.”Ungkap Nur Musthofa.



Kegiatan Pawai Obor ini melibatkan semua unsur mulai Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama,Badan Otonom Nahdlatul Ulama,Pemerintah Desa,Tokoh Masyarakat maupun Lembaga Pendidikan setingkat Taman Pendidikan Al Qur’an (TPQ). Sedangkan tujuan dari Muharram ini untuk mengenang kembali sejarah Hijrahnya Nabi Muhammad dari Kota Mekkah ke Kota Madinah dalam mensyiarkan Agama Islam.

 

 

“Nah untuk di tambaksumur tujuannya berharap semoga Kampung atau Desa makin hari makin aman ,makin hari makin tentram ,makin hari makin makmur.”Kata Muh.Khoiri Rois Syuriah NU Tambaksumur.

 


Tradisi Ritual di Ranting itu sudah dilakukan turun temurun sejak adanya Nenek Moyang di setiap momen Tahun Baru Islam atau di Bulan Muharram. Pawai Obor itu merupakan untuk mempersatu Umat atau Masyarakat untuk tetap hidup rukun secara bersama-sama tanpa ada kegaduhan.(Mec)

 

×
Berita Terbaru Update