Notification

×

Iklan

Iklan

Perkuat Komitmen Menjaga Toleransi, SMP Pancasila Krian Istiqomah Menggelar Kunjungan Kebangsaan

Sabtu, 01 Juni 2024 | Juni 01, 2024 WIB Last Updated 2024-06-01T01:29:55Z

Sidoarjo, terasdelta.com - Memperingati Hari Lahir Pancasila, Sekolah Menengah Pertama (SMP) Pancasila Krian Sidoarjo gelar diskusi kebangsaan. Dengan melibatkan guru serta duta toleransi yang terdiri dari siswa-siswi lintas agama, kegiatan ini bertujuan untuk menanamkan toleransi sejak dini agar kelak mampu menjadi pelopor toleransi baik di lingkungan sekolah maupun lingkungan masyarakat sekitarnya. 

Kepala SMP Pancasila Krian, Drs. Agus Mafrudy, M.Pd, menjelaskan, setiap tahun SMP Pancasila Krian rutin mengadakan peringatan Hari Lahir Pancasila. Tahun ini merupakan yang ke lima.


Untuk tahun ini, ada 5 tujuan yang menjadi objek kunjungan kebangsaan, diantaranya Pura Medang Kamulan, Klenteng Teng Swie Bio, serta Gereja Pantekosta Jemaat Agape Watugolong Krian, dan sebagai penutup kegiatan, doa bersama dilaksanakan di pesarean Mbah Yai Sahlan Sidorangu dan Mbah Yai Iskandar Umar Darul Falah Pusat.

“Ini sudah kelima kalinya kunjungan kebangsaan yang sudah kami laksanakan. Sejak tahun 2019, sampai sekarang. Hanya saja tahun 2020 dikarenakan kondisi pandemi covid, kami off. Jadi ini sudah menjadi kegiatan tahunan yang rutin. Niat kita menyambung silaturahmi, mengenalkan ukhuwah wathoniyah atau hubungan persaudaraan kebangsaan dalam lingkup tanah air Indonesia," kata Agus, Sabtu, (1/6/2024). 


Agus menambahkan, kunjungan kebangsaan itu bertujuan untuk mengenalkan persaudaraan lintas iman dalam lingkup kebangsaan.

Dalam kegiatan diskusi kebangsaan ini, setidaknya mampu memberikan pengetahuan serta pengalaman toleransi dari sudut pandang tokoh agama. Di sisi lain, kegiatan ini merangsang ketrampilan jurnalistik siswa, untuk menggali lebih jauh informasi dengan melibatkan siswa dalam sesi tanya jawab kepada tokoh agama.


Dari keseluruhan rangkaian acara yang dimulai dari diskusi kebangsaan, sesi tanya jawab, serta penyerahan piagam, sebagai komitmen dalam menjaga toleransi, dalam kegiatan kunjungan kebangsaan ini diakhiri dengan sesi penanaman pohon beringin sebagai simbol Persatuan Indonesia.


Perlu diketahui bahwa, SMP Pancasila Krian terpilih menjadi salah satu Sekolah dengan Predikat Sekolah Toleransi di Sidoarjo. (Sam Arif). 
×
Berita Terbaru Update